Ingin Mandiri, Elsan Jadikan Hobi Jadi Lahan Mencari Rezeki

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
ELSAN (tengah) dan Timnya pada Acara Pernikahan Salah Satu Klien. (Foto: Dok. Pribadi)
ELSAN (tengah) dan Timnya pada Acara Pernikahan Salah Satu Klien. (Foto: Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Menjadi mahasiswa yang produktif dan tidak hanya diam di bangku kuliah adalah impian alumnus Bahasa dan Sastra Indonesia yang satu ini. Dia adalah Elsan Risky Bagus Saputra asal Sidoarjo yang kini sukses dengan usahanya “Getz Multimedia”.

Pada awalnya, Elsan mengaku memang menyukai dokumentasi dan editing. Ia saat itu dibelikan drone dan laptop yang mumpuni untuk melakukan hobinya. Namun, seiring waktu berjalan dan hasil dokumentasinya dinikmati banyak orang, Elsan mulai menerima pekerjaan untuk media dokumentasi dan sinematik.

Saat itu juga ia langsung berpikir untuk mengembangkan hobinya. Termasuk mulai serius dan tekun untuk menghasilkan uang dari hal yang Elsan sukai. Kesempatan tersebut tentu mendukung keinginannya untuk mulai mandiri, dan akhirnya mendapat dukungan penuh dari keluarganya.

“Saya merupakan anak terakhir dan satu-satunya anak lelaki di dalam keluarga. Tentunya hal tersebut mengharuskan saya untuk menjadi mandiri. Saat itu saya juga sudah mulai merasa sungkan ketika hendak meminta uang ke orangtua, dan kebetulan datanglah kesempatan untuk memulai usaha saya saat ini,” jelasnya.

Pada akhir 2016-lah akhirnya Elsan mulai merintis Getz Multimedia dan mengajak rekan-rekannya yang memiliki kemampuan fotografi, videografi, dan editing untuk bergabung. Dengan berbekal pengalaman dan juga kemampuan yang mumpuni, akhirnya usaha yang ditekuni Elsan sekarang sudah banyak dikenal orang.

Semenjak dirintis hingga sekarang, usaha yang ditekuni Elsan berjalan dengan cukup baik dan belum ada permasalahan yang berarti. Hal tersebut tak lain karena komunikasi dan kerja sama tim yang baik telah diterapkan oleh Elsan sebagai pemimpin usaha.

“Problem yang kadang ditemui, yakni perihal perawatan kamera, lensa, drone, dan alat-alat pendukung dalam pekerjaan. Selain itu, upgrade kamera maupun lensa untuk mengikuti perkembangan zaman juga membutuhkan dana yang tidak sedikit,” ujarnya.

Elsan juga mengakui terkadang permintaan klien cukup membingungkan, jika pada kesepakatan awal meminta A, lalu tiba-tiba berubah B, dan berubah lagi. Masalah tersebut sudah dianggap biasa dan dimaklumi oleh dia dan tim. Sebab, menurutnya bagaimanapun juga kepuasan klien adalah hal yang utama.

Rencananya, Elsan berkeinginan untuk membangun studio multimedia di Surabaya. Keinginannya tersebut tak lain untuk memudahkan pekerjaannya dan juga klien yang hendak datang untuk menyewa jasa Getz Multimedia. Elsan berpesan wirausahawan untuk tetap semangat, berusaha, dan berdoa. Jadilah pemimpin yang baik dan adil, dukungan dan persetujuan orangtua sangat berpengaruh bagi usaha ke depannya. (*)

Penulis: Muhammad Wildan Suyuti

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu