FPK Ciptakan Aplikasi APIK Guna Tunjang Kegiatan Akademik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
APIIK (Aplikasi Akademik Perikanan dan Kelautan) aplikasi buatan FPK guna menunjang kegiatan akademik. (Foto: SBAK FPK)

UNAIR NEWS – Saat ini kita hidup pada zaman dimana teknologi semakin berkembang pesat. Seluruh informasi bisa kita raih melalui smartphone yang kita pegang setiap hari. Salah satu cara untuk mendapatkan informasi tersebut adalah melihat aplikasi yang ada di smartphone kita.

Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga memanfaatkan peluang tersebut dengan menciptakan aplikasi smarthphone yang bernama APIK (Aplikasi Akademik Perikanan dan Kelautan). Aplikasi itu menjadi terobosan baru yang dibuat oleh SBAK FPK guna menunjang kepentingan akademik.

Dalam aplikasinya, APIK membantu mahasiswa FPK untuk mendaftar Praktik Kerja Lapang (PKL), skripsi, yudisium; melihat pengumuman dan jadwal akademik; mengakses Sistem Informasi (SIM); layanan bantuan AULA; serta layanan unduhan untuk kebutuhan akademik.

Saat ditemui UNAIR NEWS, Ir. Agustono M.Kes sebagai Koordinator Staf Dekanat mengatakan bahwa fitur-fitur di APIK akan dikembangkan lagi dan akan terus digunakan oleh mahasiswa dan sivitas akademika di FPK.

“Nanti ke depannya pendaftaran untuk magang juga akan ditambahkan,” tutur Agustono.

Tujuan dibuatnya APIK adalah untuk membantu mahasiswa FPK mengakses kebutuhan akademik tanpa perlu datang ke kampus. “Mahasiswa FPK bisa mengakses APIK ini kapan saja dan dimana saja, cukup berbekal internet dan smartphone, bisa mendaftar PKL,” tambahnya.

Selain itu, aplikasi APIK diciptakan juga untuk meningkatkan kedisiplinan mahasiswa. Agustono menerangkan bahwa APIK adalah sistem yang automatis. “Kan diberi batas waktu untuk pendaftaran, jika batas waktu terlewat ya ga bisa daftar,” tegasnya.

Agustono menambahkan, jika ada masalah terkait PKL, APIK hanya bisa membantu terkait pendaftaran saja. “Kalau masalah PKL sendiri itu urusan mahasiswa dengan dosen bimbingannya,” terangnya.

Terkait sosialisasi APIK untuk sivitas FPK, pihak fakultas sudah menyebarkan informasi penggunaan aplikasi APIK melalui Line SBAK FPK. Serta, menyebarkan informasi melalu komandan tingkat (komting) setiap angkatan yang masih aktif kuliah di FPK.

“Untuk seremonial APIK ini nantinya akan diadakan pada saat Student Day 2019, bersamaan dengan pelepasan mahasiswa PKL,” imbuhnya.

Sementara itu, Arya Adi Budiman, S. Kom selaku Kasubbag Akademik menambahkan bahwa dengan adanya APIIK akan meringkas birokrasi SBAK terkait pendaftaran PKL maupun yudisium. “(APIK, Red) memudahkan bagi pihak fakultas terkait database digital,” ujar Arya. (*)

Penulis : R. Dimar Herfano Akbar

Editor : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu