Bekali Informasi Mahasiswa Baru, HIMAKUA UNAIR Banyuwangi Gelar “Magang News”

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana acara Magang News oleh HIMAKUA PSDKU Banyuwangi. (Foto: Buyung Raga)

UNAIR NEWS – Liburan semester sudah semakin dekat. Sebagai Mahasiswa, sudah bukan masanya lagi untuk mengisi waktu liburan hanya untuk bersenang-senang dengan hal yang tidak berguna. Banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan agar lebih produktif salah satunya adalah dengan Magang mandiri.

Untuk  program studi yang tergolong ilmu terapan seperti Akuakultur, magang adalah hal yang penting untuk dilakukan guna memperdalam ilmu dan teori yang mereka pelajari dalam perkuliahan, sehingga mereka mampu mengimplementasikan ilmu mereka di lapangan.

Berkenaan dengan magang mandiri, dari pihak universitas sendiri juga sudah mendukung yang diwujudkan dengan memfasilitasi dari segi administrasi dan pemberian SKP (Sistem Kredit Prestasi) yang diperlukan untuk syarat kelulusan mahasiswa. Namun, karena informasi terkait magang tidak disediakan oleh universitas, kebanyakan mahasiswa, terutama mahasiswa baru masih kurang begitu tahu informasi terkait alur, adiminstrasi serta lokasi magang yang tepat.

Menanggapi hal tersebut, HIMAKUA (Himpunan Mahasiswa Akuakultur) PSDKU UNAIR Banyuwangi memfasilitasi mahasiswa Akuakultur dengan menyediakan informasi terkait magang. Mulai dari alur administrasi, lokasi magang, gambaran bidang yang akan diambil dan aktivitas yang akan dilakukan selama magang melalui Magang News.

“Program ini diadakan karena pihak universitas yang kurang menyediakan informasi terkait magang mandiri sementara peminat dari magang di FPK PSDKU sangatlah tinggi, oleh karena dari pihak HIMAKUA memfasiitasi berupa menyediakan informasi terkait magang melalui Magang News ini,” Jelas Sadida mahasiswa akuakultur angkatan 2018, selaku penanggung jawab kegiatan itu .

Yosina, salah satu mahasiswi Akuakultur angkatan 2019 mengatakan, dengan adanya Magang News mahasiswa yang ingin magang namun tidak tahu mengenai alur administrasi dan lokasi magang menjadi tahu. Selain itu, tambahnya, mahasiswa juga bisa mempersiapkan keperluan yang harus diurus untuk melaksanakan magang mandiri.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi kami (maba, red) yang awalnya masih belum mengetahui banyak informasi tentang apa itu magang, bagaimana cara mengikutinya, dimana tempatnya menjadi tahu, sehingga bisa mempersiapkan keperluanya,” ujarnya. 

Mengakhiri perjumpaan dengan UNAIR NEWS, Sadida menjelaskan bahwa Magang News yang dilakukan pada hari Senin (28/10),merupakan program tahunan dari Divisi Keilmuan HIMAKUA. Tujuanya, tidak lain untuk memfasilitasi mahasiswa Akuakultur terkait segala informasi tentang magang dengan pemateri dari mahasiswa akuakultur yang sudah berpengalaman mengikuti magang. (*)

Penulis: Ivan Syahrial Abidin

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu