HIMA D3 Akuntansi Kembali Selenggarakan Kompetisi Akuntansi Airlangga 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Program Studi (Prodi) D3 Akuntansi Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali menyelenggarakan Kompetisi Akuntansi Airlangga (KAA) 2019. Kompetisi tersebut merupakan program kerja tahunan dari Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Akuntansi UNAIR.

Acara tersebut diselenggarakan pada (26-27/10/2019) bertempat di Aula Fakultas Vokasi, lantai 3, Kampus B, UNAIR. Tahun ini KAA 2019 mengusung tema “Challenge Your Skill to be Multitalented Accountant”.

Menurut Nadia Dwi Nurmalasari selaku ketua pelaksana, KAA merupakan event tahunan yg diadakan HIMA prodi D3 Akuntansi. Perbedaan KAA tahun ini dengan KAA tahun lalu adalah tema dan babak tahun ini lebih menyenangkan. Mengingat, terdapat babak pengerjaan teka-teki silang dan hidden number yang merupakan games.

“Dilaksanakannya KAA dapat digunakan sebagai ajang untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam bidang akuntansi. Selain itu dapat menjadi sarana pembangunan relasi antar peserta,” ujarnya.

KAA tahun ini terdapat lima babak, yaitu preliminary online, babak penyisihan, babak quarter final, babak semifinal, dan babak final. Babak preliminary online dilakukan secara online dan diikuti oleh 100 tim yang masing-masing terdiri atas tiga anggota dari mahasiswa akuntansi se-Indonesia.

Babak penyisihan diikuti oleh 50 tim terbaik yang lolos. Babak penyisihan terdiri atas dua sesi, yaitu warming up (pengerjaan soal individu) dan burning up (pengerjaan soal secara kelompok). Lalu, babak quarter final diikuti oleh 20 tim yang lolos dan terdiri atas dua sesi, yaitu cross the word (mengerjakan TTS) dan find the number (mengerjakan soal hidden number).

Selanjutnya pada semi final diikuti 10 tim terbaik dengan mengerjakan soal siklus akuntansi. Dan, pada babak final diikuti empat tim terbaik dengan mengikuti dua sesi, yaitu explain to us (babak presentasi) dan make your pattern (babak rebutan).

Peraih juara pada KAA 2019, antara lain, Juara I dari Politeknik Negeri Jakarta, Juara II dari Universitas Gadjah Mada, Juara III dari Universitas Surabaya, dan Harapan I dari Universitas Diponegoro. Kemenangan tersebut berhasil diraih dengan perjuangan mengalahkan 100 tim lainnya.

“Kendala dalam mempersiapkan KAA tahun ini dari segi babak dan sesi. Karena kami harus melahirkan inovasi baru yang membuat peserta tertarik untuk mengikuti KAA,” ujarnya.

Dengan diselenggarakannya kompetisi akuntansi setiap tahun, hal itu diyakini pihak HIMA D3 Akuntansi akan dapat membantu peningkatan kualitas calon akuntan pada masa mendatang. Sebab, terselenggaranya KAA dapat memicu nalar berpikir, kreatif, dan inovatif dari para peserta yang notabenenya calon akuntan. (*)

Penulis: Muhammad Wildan Suyuti

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).