UKM Taekwondo UNAIR Boyong Sepuluh Medali Kejuaraan Internasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
UKM Taekwondo UNAIR raih sepuluh medali di ajang The 2nd Pakualam X International Championship (Foto: Dokumentasi pribadi)

UNAIR NEWS – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Universitas Airlangga (UNAIR). Sepuluh delegasi UNAIR berhasil menyabet medali kejuaraan di ajang The 2nd Pakualam X International Championship pada 19-20 Oktober 2019. Kompetisi yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Amongrogo Yogyakarta tersebut tak hanya diikuti oleh peserta dari Indonesia melainkan juga peserta dari luar negeri. Di antaranya dari Malaysia, Singapura, Timor Leste, hingga Perancis.

Total terdapat dua belas mahasiswa yang dikirim sebagai delegasi. Dari dua belas delegasi tersebut, sepuluh di antaranya berhasil membawa pulang sepuluh medali, dengan rincian 7 medali emas, 1 medali perak dan 2 medali perunggu.

Nama-nama delegasi yang berhasil mendapat gelar juara di antaranya, Arinda Nurhasanah Juara I Kyorugi Senior Putri kategori U-46 kg, Mutiara Wira Juara II Kyorugi Senior Putri kategori U-57 kg, Iqbal Imam juara II Kyorugi Senior Putra Kategori U-87 kg, Fachrizal Fikri Juara III Kyorugi Senior Putra Kategori U-68 kg, Zegen Wiraatmaja, Juara I Kyorugi Senior Putra Kategori U-58 kg, Aura Dimar Juara I Kategori Poomsae Pair Senior dan Juara I Kategori Poomsae Beregu Senior Putra, Galang Dandi Juara I Kategori Poomsae Beregu Senior Putra, dan Devi Himawan Juara I Kategori Poomsae Beregu Senior Putra. 

Perwakilan tim delegasi, Galang Dandi menyebutkan kunci keberhasilan dari tim UKM Taekwondo UNAIR terletak pada kekompakan tim. Masing-masing delegasi, lanjutnya, selalu mengingatkan satu sama lain untuk rajin berlatih, saling mendukung, dan menjaga loyalitas.

“Latihan keras setiap hari, dengan porsi tiga kali sehari, pagi, sore, dan malam. Selama menjalani latihan kurang lebih tiga bulan secara intensif akhirnya membuahkan hasil dengan mendapatkan medali,” ungkapnya.

Dandi mengakui bahwa dia dan rekan-rekan satu timnya kerap menghabiskan waktu luang dengan berlatih keras untuk mempersiapkan performa terbaik di arena pertandingan. Dirinya berharap ke depan UKM Taekwondo UNAIR dapat terus melahirkan atlet-atlet yang disiplin dan hebat.

“Kejuaraan ini adalah salah satu kejuaraan yang paling berkesan karena telah memberikan banyak senyuman dan keberkahan dalam hidup saya. Kedua yang paling bahagia adalah ketika melihat orang tua menangis melihat anaknya mendapat gelar juara,” tutur Dandi.

Sebelumnya, tim UKM Taekwondo UNAIR juga menyabet tujuh medali di kejuaraan nasional taekwondo Piala Bupati Bergilir Kapolres Semarang III pada 27-28 April 2019. (*)

Penulis: Zanna Afia

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu