Tingkatkan Kepedulian Sesama, Mahasiswa UNAIR Dirikan Komunitas Kolom Bahagia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KOMUNITAS Kolom Bahagia bersama adik-adik Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), Karang Menjangan, Surabaya pada Kamis lalu (24/10). (Foto: Istimewa)
KOMUNITAS Kolom Bahagia bersama adik-adik Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), Karang Menjangan, Surabaya pada Kamis lalu (24/10). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk belajar, namun juga memiliki kepedulian terhadap permasalahan sosial di lingkungan sekitar. Berangkat hal itu, mahasiswa prodi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universtas Airlangga (UNAIR) mendirikan sebuah komunitas yang menjadi wadah menyalurkan kepedulian dan rasa simpati kepada sesama.

Adalah Marsya Martia, mahasiswa Ilmu Politik angkatan 2017, pendiri komunitas Kolom Bahagia. Bersama rekannya, Annisa Fitriani, ia mendirikan Kolom Bahagia karena tergerak untuk berbagi kebahagiaan baik materiel maupun nonmateriel kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kolom bahagia ini merupakan komunitas yang hadir untuk memberikan rasa kebahagiaan yang nyata kepada masyarakat sekitar, khususnya yang membutuhkan,” tutur Marsya.

Saat ini kegiatan yang dilakukan berbentuk pemberian donasi berupa uang, kebutuhan pokok, serta kebutuhan literasi yang didapat melalui penggalangan dana. Terdapat beberapa project dalam komunitas tersebut. Di antaranya bahagia berbagi dalam bentuk donasi, bahagia edukasi, bahagia kolaborasi, dan bahagia inspirasi.

“Bahagia edukasi itu memberikan edukasi kepada anak-anak SD. Bahagia kolaborasi nanti kita mengajak komunitas lain untuk bergabung di setiap project kita. Kalau bahagia inspirasi, kita undang orang yang menginspirasi untuk berbagi cerita atau tips,” terangnya.

Kolom Bahagia telah melangsungkan project pertamanya bertajuk #BahagiaBerbagi. Kegiatan tersebut dilakukan di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), Karang Menjangan, Surabaya pada Kamis lalu (24/10).   

Selain memberikan donasi, Marsya mengatakan kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan semangat hidup anak-anak penderita kanker dengan berbagai rangkaian acara menghibur, seperti mendongeng bersama komunitas relawan kumpul dongeng surabaya dan bermain bersama.

“Senang bisa memberikan kebahagiaan sederhana dalam bentuk donasi dan bakti sosial. Rasanya ingin memeluk dan menemani mereka untuk selalu memberikan kebahagiaan dan menguatkan mereka ketika sedang berjuang melawan sakitnya,” ungkap Marsya.

Meskipun baru berdiri, Marsya berharap komunitas itu dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk turut serta dalam mewujudkan kesadaran akan kemanusiaan.

“Harapannya dapat memberikan motivasi kepada seluruh elemen masyarakat untuk turut serta dalam menjalin silaturrahmi antar manusia dengan memberikan gerakan awal sebagai jalan pembuka untuk mewujudkan kesadaran akan kemanusiaan,” pungkasnya.

Agenda ke depannya, Kolom bahagia akan mengadakan project #BahagiainLingkungan. Kegiatan tersebut nantinya akan mengajak masyarakat untuk lakukan gerakan bersih-bersih di salah satu daerah di Surabaya. (*)

Penulis: Lailatul Fitriani

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu