Sholikudin Alawy : Lomba Tidak Hanya untuk Mencari Prestasi namun Sudah Menjadi Hobi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PENYERAHAN Awarding of Academic Achievement Predikat Mahasiwa Terprestatif yang diraih oleh Sholikudin Alawy (kedua dari kanan) pada (29/09/2019) di FEB Universitas Airlangga. (Foto : istimewa)

UNAIR NEWS – Sholikudin Alawy merupakan mahasiswa program studi Ilmu Ekonomi Islam angkatan tahun 2017 yang memiliki segudang prestasi. Hingga kini total perolehan juara yang pernah ia raih mencapai 18 prestasi juara. Tak hanya itu pada bulan lalu (29/09/2019) ia memperoleh predikat mahasiswa terprestatif pada Awarding of Academic Achievement yang diselenggarakan oleh Departemen Keilmuan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM FEB) Universitas Airlangga (UANIR).

“Pencapaian yang saya raih saat ini tidak lepas dari motivasi yang saya pegang untuk meniatkan dengan betul apa yang ingin kita capai,” tutur Alawy panggilan akrabnya.

Mahasiswa Ekonomi Islam tersebut menyebut dirinya mengikuti lomba tak hanya untuk mengejar prestasi namun kini sudah menjadi hobi. Sepanjang perjalanan mengikuti berbagai perlombaan ia telah berkali-kali mengalami kegagalan namun Alawy tetap gigih dan bangkit kembali menata ulang semangat untuk mengikuti perlombaan selanjutnya.

“Sering banget gagal tapi ya menyadari aja bahwa yang ikut kompetisinya dari berbagai universitas. Bahkan mungkin mereka lebih siap untuk berkompetisi, belajarnya lebih lama dan mungkin lebih keras berusaha,” ucapnya.

Awarding of Academic Achievement tersebut dibedakan menjadi dua kategori yakni terinspiratif yang dinilai berdasarkan IPK 3.5, memiliki keterbatasan dalam kegiatan perkuliahan dan aktif dalam kegiatan maupun organisasi. Sedangkan kategori terprestatif dinilai dari prestasi yang diraih di bidang akademik dalam skala regional, nasional dan internasional.

Alhamdulillah, sangat senang mendapat predikat juara 1 mahasiswa terprestatif di FEB. Ini menjadi pemicu semangat saya untuk lebih bisa membanggakan orang tua, karena saya rasa orang tua sudah berkorban banyak hal maka dari itu prestasi ini adalah salah satu wujud bakti saya,” tambahnya.

Mahasiswa yang sering dikenal memiliki pendirian yang teguh tersebut sudah semenjak SMA mulai mengikuti perlombaan. Beberapa prestasi terbaik yang pernah ia raih yakni Juara 1 Olimpiade Ekonomi Islam Nasional 7Shelter FOSEI UNSOED, Juara 1 Olimpiade Cerdas Cermat Ekonomi Ilsma (OCCEI) tingkat Provinsi, Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) Bank Indonesia, Juara 1 Lomba Essay Nasional Publicpreneur UNM. Tak hanya itu Alawy pun pernah menjadi Delegasi Short Term Programme Ekonomi Islam UNAIR di Academy of Islamic Studies (APIUM) University of Malay (UM), Malaysia.

“Keberhasilan saya tidak lepas dari atmosfir yang mendukung dalam organisasi UKMF AcSES di FEB yang memberikan banyak teman untuk diajak belajar bareng, kakak tingkat yang tidak hanya mengajari tapi mengajak lomba bareng juga, serta transfer banyak ilmu. Yang penting berani mencoba, karena tidak mungkin kita bisa juara kalau tidak berani mencoba ikut lomba,” pungkasnya. (*)

Penulis : Rissa Ayu F

Editor : Khefti Al Mawalia                     

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu