Duta FST 2019: Ajang Pencarian Representasi Mahasiswa FST

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SESI penyerahan plakat kepada pemenang Duta FST 2019 pada Minggu (27/10/19). (Foto: Fahmi Royani)
SESI penyerahan plakat kepada pemenang Duta FST 2019 pada Minggu (27/10/19). (Foto: Fahmi Royani)

UNAIR NEWS – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga kembali menggelar acara Duta FST yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan mahasiswi fakultas tersebut pada Minggu (27/10/19) di Airlangga Convention Center (ACC). Tahun ini acara tersebut digelar untuk menjaring mahasiswa-mahasiswa berkompeten dan siap menjadi representasi dari seluruh mahasiswa FST UNAIR.

Dimulai pada bulan Agustus, seleksi Duta FST 2019 dilaksanakan melalui serangkaian tahap yang meliputi seleksi berkas, interview, bakat, hingga tahap karantina. Aprilia Noni Rahmawati selaku selaku panitia pelaksana Duta FST menuturkan bahwa seleksi ini dilakukan untuk memperoleh output peserta yang maksimal.

“Tugas Duta FST itu besar. Mereka tidak hanya menjadi representasi, tapi juga mempromosikan FST serta turut membantu tugas bidang Wadek 3 dalam hal internasionalisasi baik bagi FST maupun UNAIR,” tutur Noni.

Selain itu, kriteria yang harus dipenuhi oleh para peserta mencakup berbagai aspek seperti kemampuan public speaking baik Bahasa Indonesia maupun Inggris, unjuk bakat, batas TOELF/ELP 450, hingga batas minimum IPK sejumlah 3,00. Alifa Yusti Sadila (biologi 2018) selaku peserta sekaligus jawara dari Duta FST 2019 mengungkapkan bahwa Duta FST memberikan banyak benefit baik bagi fakultas maupun terkhusus bagi para peserta.

“Motivasi utama saya ikut Duta FST itu yang pertama memperluas relasi. Baik relasi dengan tenaga pendidik, mahasiswa lain, maupun pihak luar fakultas. Dan, memang setelah acara ini selesai benefit tersebut terbukti. Selain itu saya juga ingin memotivasi temen-temen FST yang punya minat di duta untuk jangan ragu-ragu mendaftar,” Ungkap mahasiswi prodi Biologi 2018 tersebut.

Untuk menghadapi seleksi Duta FST sendiri, Sadila melakukan berbagai persiapan agar nantinya seleksi berjalan dengan sukses. “Kemarin saya banyak persiapan di tes pengetahuan dan unjuk bakat. Karena saya tergabung di UKM Taekwondo, ya unjuk bakat saya adalah jurus-jurus taekwondo. Sama ditambah nyanyi soul rap untuk mencari nilai plus. Persiapan itu penting agar nanti kita nggak nervous,” kata Sadila.

Sebagai Duta FST yang baru Sadila sendiri berharap bahwa dirinya kelak bisa memberi yang terbaik dan memperbanyak prestasi baik bagi fakultas, universitas, maupun dirinya sendiri. Sementara itu puncak acara Duta FST 2019 dilaksanakan bersama gelaran Sciencesomnia yang memperingati dies natalis FST. Acara yang diadakan di Airlangga Convention Center tersebut berhasil menjaring mahasiswa dan mahasiswa terbaik FST UNAIR untuk berlomba menunjukkan bakat terbaiknya. (*)

Penulis: Intang Arifia

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu