PSDM HMA UNAIR Banyuwangi Kenalkan Akuntansi Lewat FORZA 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu kegiatan FORZA yang diselenggarakan oleh HMA PSDKU UNAIR Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) merupakan departemen yang esensial dan memiliki fungsi personalia serta kaderisasi di himpunan mahasiswa tiap program studi. Begitu pula Departemen PSDM di Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga (UNAIR) di Banyuwangi. Departemen PSDM HMA baru saja merampungkan fungsi kaderisasinya pada program kerja FORZA.

FORZA, atau Forum Orientasi Zona Akuntansi, merupakan wadah pengenalan mahasiswa baru prodi Akuntansi di PSDKU UNAIR Banyuwangi. Dilaksanakan dengan total tujuh pertemuan termasuk welcome party, FORZA 2019 telah lancar diselesaikan selama bulan Agustus hingga September di bawah pimpinan Fathan Taufiq selaku ketua pelaksana FORZA 2019.

Hal yang menarik dari pelaksanaan FORZA adalah pada setiap harinya, FORZA memiliki sub tema untuk menunjang tema utama. Misalnya, pada hari kedua pelaksanaannya yang jatuh pada tanggal 1 September 2019, divisi acara FORZA 2019 mengangkat sub tema Accounting Introduction.

“Di hari kedua, kami lebih memfokuskan mengenai akuntansi itu sendiri. Memperkenalkan akuntansi sangatlah penting dilakukan agar dapat mengubah paradigma mahasiswa untuk tidak melulu keliru mengenai kampus PSDKU terkhususnya prodi akuntansi. Oleh karena itu, tema di hari kedua bukan hanya mengenalkan akuntansi secara akademik ataupun regulasi dalam akuntansi, tetapi juga mengenai kehidupan nyata bangku perkuliahan,” jelas Ratna Dwi Lestari selaku koordinator divisi acara FORZA 2019.

Ada tiga materi utama yang disampaikan dalam pelaksanaan FORZA hari kedua ini. Materi yang pertama bertajuk “Mari Mengenal Akuntansi” yang diisi oleh Winda Febri Anisa Fitri selaku kakak tingkat serta merupakan Wakil Ketua HMA periode 2018. Materi kedua, “Manajemen Diri (Organisasi atau Prestasi)” dibawakan oleh Dian Pratama, Ketua HMA 2019 dan materi terakhir yakni pengenalan “Budaya Akuntansi (3K1T)” oleh komting dari tiap angkatan.

Budaya 3K1T merupakan budaya prodi Akuntansi UNAIR yakni Kebanggaan, Kekeluargaan, Kepedulian, hingga tanggung jawab. Adapun komting, atau komandan tingkat, merupakan pemimpin dari tiap angkatan mahasiswa. Untuk angkatan 2016, yang saat ini menjadi angkatan tertua di prodi akuntansi PSDKU, memiliki komting Sulistyo Primadani. Angkatan 2017 dan 2018 berturut-turut dipimpin oleh Nauval Witartono dan Fakhri M Fajar.

Selain sebagai bentuk pengenalan terhadap prodi akuntansi dan budayanya di UNAIR, Ratna dan jajaran panitia FORZA 2019 lainnya juga berharap mahasiswa baru dapat menyerap dan memilah informasi yang telah disediakan oleh divisi acara melalui pemateri.

“Lewat materi yang disampaikan, mahasiswa dituntut untuk dapat memilih prioritas mereka dan dituntut untuk mampu memanajemen diri mereka secara baik,” harapnya.

Penulis: Tsania Ysnaini Mawardi

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu