“Magang KM” Tongkat Estafet dalam Persiapan Reorganisasi Pengurus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto bersama pengurus KM dengan peserta magang saat acara meet up. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Magang KM adalah kegiatan pelatihan untuk mahasiswa UNAIR PSDKU yang berminat terjun dalam kepengurusan KM (Keluarga Mahasiswa) peride 2019-2020. Kegiatan ini merupakan program kerja Departmen PSDM untuk mempersiapkan reorganisasi kepengurusan selanjutnya.

Selaras dengan Tema kegiatan ini yaitu “KONZIE” yang berarti pemimpin. Kegiatan ini diarahkan untuk mencari Penerus pemimpin KM periode selanjutnya. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 yang berminat bergabung dalam kepengurusan KM.

Wilda Gusfiyanti Azis selaku ketua pelaksana kegiatan mengakatakan, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini yakni untuk memberikan ilmu mengenai kepengurusan KM sehingga mereka memiliki bekal saat sudah resmi menjadi pengurus. Selain itu, lanjutnya, peserta yang telah mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan sertifikat yang dapat dilampirkan ketika mengikuti open recruitment pengurus KM periode 2019-2020.

“Peserta yang telah memiliki sertifikat magang KM akan  diprioritaskan, Karena sertifikat ini menunjukkan bahwa mereka have more infomation mengenai KM PSDKU dibandingkan dengan yang lain,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Wilda itu.

Wilda juga mengatakan jika kegiatan ini akan menjadi tongkat estafet dalam menyiapakan reorganisasi kepengurusan KM diakhir periode. Output dari pelaksanaan ini yaitu pengurus dapat memprediksi kinerja mereka selama magang yang mana akan menjadi penilaian saat mereka mendaftarkan diri di oprec pengurus KM mendatang.

Kegiatan magang ini akan berlangsung selama 2 bulan. Pembukaan kegiatan ini pertama kali ditandai dari kegiatan oprec yang telah dilaksanakan pada 16 September 2019. Kemudian dilanjutkan dengan meet up para peserta magang pada 20 September.

“Saat pelaksanaan meet up, mereka yang dinyatakan lolos datang semua sebanyak 40 anak, terlihat sekali mereka sangat antusias untuk bergabung dalam kegiatan ini,” jelas Wilda.

Lanjutnya, para peserta yang dinyatakan lolos akan bergabung ke departemen-departement yang telah mereka pilih saat oprec. Ada 10 departemen yang tersedia.

“Sistemnya selama masa oprec mereka akan mengikuti rules dari department yang telah dipilih, dan mereka diharuskan mengikuti kegitan rapat internal yang dilaksanakan masing-masing departement, serta program kerja department selama masa magang,” tambah wilda.

Kegiatan terakhir magang KM akan ditutup dengan pelaksanaan farewell di awal bulan November dan pembagian sertifikat peserta. Harapan Wilda selaku ketua pelaksana ingin agar kegiatan magang KM ini dapat menambah semangat mahasiswa yang bergabung untuk berkontribusi dalam meneruskan kepengurusan KM periode salanjutnya. (*)

Penulis: Dewi Masluqiyah

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu