UNAIR Bersama Lima Belas PTN Gagas Lima Kesepakatan dalam PMB Jalur Mandiri Mendatang

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KETUA Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR, Dr. Achmad Solihin S.E., M.Si. saat memimpin FGD terkait PMB PTN jalur mandiri pada Jumat (25/10/2019). (Foto : Sandi Prabowo)

UNAIR NEWS – Setiap tahunnya, sebagian besar PTN di Indonesia mengalami permasalahan serupa saat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Mandiri. Para calon mahasiswa baru biasanya mendaftar lewat jalur Mandiri di beberapa PTN sekaligus. Ketika mereka diterima di lebih dari satu PTN, mau tidak mau mereka harus memilih salah satunya. Hal inilah yang kemudian menyebabkan banyak sekali bangku kosong di PTN yang ditinggal oleh calon mahasiswa baru.

Menanggapi hal tersebut, Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (PMB PTN) jalur mandiri. Bertempat di Bali C Ballrom JW Marriot Surabaya, UNAIR bersama belasan PTN di Indonesia berdiskusi untuk memecahkan permasalahn tersebut pada Jumat (25/10/2019).

Sebanyak lima belas PTN mengikuti acara FGD tersebut. Yaitu ITB, IPB, UGM, UPI, UNPAD, UNY, UNS, UNDIP, ITS, UNESA, UPN Veteran Jatim, UB, UM, UNEJ, dan UTM.

Hadir langsung dalam acara tersebut Wakil Rektor I UNAIR Prof. Djoko Santosa dr., Ph.D., Sp.PD.K-GH.FINASIM., Wakil Rektor III UNAIR Prof., Ir. Moch Amin Alamsjah M.Si., Ph.D. serta Sekretaris Universitas Drs. Koko Sri Mulyo, M.Si.

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR, Dr. Achmad Solihin S.E., M.Si., mengungkapkan bahwa secara garis besar, FGD tersebut membuahkan lima kesepakatan yang digagas bersama oleh para pengelola PMB dari berbagai PTN.

Yang pertama ialah para pengelola PMB dari berbagai PTN menyepakati untuk membentuk forum silaturrahmi dan komunikasi PMB. Forum tersebut diberi nama FKSMPTN (Forum Komunikasi Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri). Kemudian ke depan para pengelola PMB PTN juga menyepakati untuk saling membagikan jadwal PMB di masing-masing PTN.

Dalam FGD tersebut juga dihasilkan beberapa usulan yang ditujukan kepada rektor masing-masing PTN. Yaitu mengusulkan kepada rektor untuk meminta data calon mahasiswa baru yang telah diterima malalui jalur SNMPTN dan SBMPTN ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Selain itu juga mengusulkan kepada rektor untuk membuat kebijakan bahwa calon mahasiswa baru yang sudah diterima melalui jalur SNMPN atau SBMPTN di PTN mana pun, apabila mendaftar kembali melalui jalur Mandiri akan ditempatkan di perangkingan paling bawah. Yang terakhir, diharapkan nantinya  para pengelola PMB akan melaporkan hasil diskusi kepada masing-masing pimpinan PTN sehingga bisa segera direalisasikan.

“Dengan demikian, kita akan memprioritaskan calon mahasiswa baru bagi yang belum diterima. Selain itu juga untuk meghindari tingkat pengunduran diri mahasiswa yang sudah diterima lewat jalur SNMPTN atau SBMPTN,” tutupnya. (*)

Penulis : Sandi Prabowo

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu