Novel Rahasia Salinem, Potret Cerita Keluarga yang Digemari Milenial

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
MODERATOR Nabila Budayana (kiri), Wisnu Suryaning (tengah) dan Brilliant Yotenega (kanan). (Foto Pradnya Wicaksana)

UNAIR NEWS – Rahasia Salinem adalah sebuah novel yang ditulis oleh Brilliant Yotenega dan Wisnu Suryaning Adji. Novel itu menceritakan tentang Tyo yang ingin mencari tahu kehidupan yang dijalani oleh neneknya, Salinem yang baru saja meninggal dunia. Cerita berawal bahwa ketika Tyo menemukan bahwa Salinem bukanlah nenek kandungnya, tapi hanya merupakan abdi dalem keluarganya. Rahasia Salinem menyuguhkan sebuah petualangan yang berharga di antara sejarah, percintaan, kuliner, dan kebudayaan khas Indonesia melalui kisah hidup Salinem.

Ternyata, kisah ini berdasarkan dari cerita nyata dan Salinem merupakan ‘nenek’ dari sang penulis Brilliant Yotenega yang merupakan pendiri Storia.co, platform dimana novel ini diterbitkan. Untuk mempromosikan novel tersebut, Brilliant dan Wisnu bekerjasama dengan Perpustakaan Kampus B UNAIR untuk mengadakan bedah buku.

Brilliant menceritakan tentang latar belakang novel itu. Awalnya ia ingin membuat biografi dari seorang Salinem tapi akhirnya memutuskan untuk memberikan proyeknya ke Wisnu, yang telah berteman dekat dengan Brilliant karena dia telah menjuarai lomba cerpen yang diadakan Storia.co, dan akan dijadikan sebagai cerita fiksi

“Awalnya takut sih, karena sosok dari seorang Salinem sangat erat dengan keluarga ini, takut ceritanya tidak akurat. Namun, menurut saya cerita Salinem ini harus diceritakan dikarenakan, sosok wanita seperti beliau sekarang ini tidak ada lagi,” ujar pria yang sering disapa Ega itu.

Wisnu juga menceritakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi seperti kurangnya data tentang Salinem dan cara untuk menghidupkan momen kisahnya. Ia kerap kali melakukan riset dengan mewawancarai pihak keluarga, bahkan di tengah malam. Sebagai penggemar berat sejarah, akhirnya Wisnu juga menyandingkan kejadaian-kejadian di hidup Salinem dengan latar belakang peristiwa sejarah seperti Kemerdekaan Indonesia dan Kejadian G30S/PKI.

“Jadi saya menggunakan latar belakang peristiwa penting tersebut untuk menghidupkan ceritanya tanpa membuat itu menjadi novel politik,” jelasnya

Setelah Rahasia Salinem dirilis, novel itu mendapatkan feedback dikarenakan betapa akuratnya representasi seorang Salinem, yang tentunya begitu mengejutkan dikarenakan seringkali Wisnu harus mengandalkan imajinasinya untuk mengisi detail-detail cerita dalam minimnya informasi yang didapat. Novel itu juga begitu viral di media sosial dan telah dilihat ratusan ribu kali di Storia.co yang telah diterjemahkan dalam bahasa inggris. Perlu diketahui, acara bedah buku ini diadakan di Ruang Wiyata Perpustakaan Kampus B UNAIR pada Rabu malam (23/10/2019).

Penulis : Pradnya Wicaksana

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu