Biota Laut Spons Berpotensi Obati Penyakit Alzheimer

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh info news

Spons atau kerap dikenal dengan nama bunga karang adalah suatu hewan laut berpori yang hidup di dasar laut. Biota laut yang satu ini tergolong unik, dikelompokkan sebagai hewan namun tidak bisa bergerak bebas seperti hewan laut lainnya. Oleh karena itu biota laut ini dipercaya dapat menghasilkan berbagai macam senyawa kimia sebagai mekanisme pertahanan diri terhadap predator di laut. Senyawa kimia yang dihasilkan oleh spons ternyata bermanfaat dalam pengobatan berbagai penyakit.

Salah satu manfaat spons yang saat ini kami telusuri adalah untuk pengobatan penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah penyakit degeneratif yang menyerang otak yang biasanya terjadi pada orang usia lanjut > 60 tahun. Penyakit ini ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berfikir dan berbicara, serta perubahan perilaku secara bertahap. Hal ini biasanya dikenal dengan istilah pikun pada manula.

Salah satu pengobatan penyakit Alzheimer’s adalah dengan menggunakan penghambat enzim asetilkolinesterase, sebagai contoh galantamin, donepezil, rivastigmin dan memantin namun ada keterbatasan dalam penggunaan obat-obat tersebut karena adanya efek samping yang cukup serius. Hasil penelitian yang kami lakukan terhadap beberapa 15 spons yang diambil dari perairan sekitar Pulau Tabuhan, Banyuwangi menunjukkan bahwa ada 3 ekstrak metanol spons menunjukkan penghambatan terhadap enzim asetilkolinesterase, sehingga memiliki potensi untuk pengobatan penyakit Alzheimer. Spons yang dimaksud adalah Callyspongia sp., Agelas nakamurai dan Niphates olemda.

Penulis : Suciati

Informasi lebih detil dari penelitian ini dapat dilihat pada tulisan kami pada:

http://www.mabjournal.com/index.php?option=com_content&view=article&id=932&catid=59:current-view&Itemid=56

Suciati, Karma Rabgay, Yunda Fachrunniza, Tongchai Saesong, Tri Aryono Hadi, Tutik Sri Wahyuni, Aty Widyawaruyanti, Kornkanok Ingkaninan. 2019. Enzyme Inhibitory Activities of Marine Sponges Against Cholinesterase And 5α-Reductase

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).