Zalfa Nur Amalia: Pentingnya Statistika dalam Penelitian

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
2. FOTO bersama para pemateri workshop Reynaldy Aries (kiri), Rosyida Widadina (tengah), dan Zalfa Nur (kanan). (Foto : Pradnya Wicaksana)

UNAIR NEWS – Dalam hampir segala penelitian, diskusi, dan pengambilan kesimpulan, tidak pernah lepas dari pentingnya peranan data. Dengan data yang benar, kita bisa memperoleh hasil kesimpulan yang mumpuni dan faktual. Salah satu ilmu yang sangat vital dalam pengolahan data secara empiris dan akurat adalah statistika. Hampir semua bidang, dari politik hingga kesehatan pasti memerlukan statistika untuk mencapai suatu tujuan.

Mahasiswa Prodi Statistika UNAIR selaku Sahabat PUSPAS tentunya sangat mengetahui betapa pentingnya peran dari statistika pada pengambilan data. Oleh karena itu, bekerja sama dengan Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) UNAIR, mereka mengadakan kegiatan Bakti Sahabat PUSPAS dengan tema “Statistics Coaching Clinic” selama 4 hari (15, 16, 18, dan 22 Oktober). Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman publik kepada ilmu statistika.

Pada hari ke-4 dari workshop, materi yang diusung adalah metode statistika yaitu analisis kluster. Dijelaskan oleh mahasiswi prodi statistika, Zalfa Nur Amalia, analisis kluster adalah metode pengelompokkan statistika berdasarkan kesamaan karateristik diantara objek-objek tersebut. Objek tersebut akan diklasifikasikan ke dalam satu atau lebih kluster (kelompok) sehingga objek-objek yang berada dalam satu kluster akan mempunyai kemiripan satu dengan yang lain.

Foto bersama dengan audiens dan pemateri setelah acara selesai. (Foto istimewa)

“Jadi, nanti kita akan mendapatkan hasil dimana kesamaan anggota di dalam satu kluster adalah maksimum, dan kesamaan anggota antar kluster adalah minimum,” ujarnya

Workshop itu berjalan selama satu setengah jam dan diisi dengan berbagai penjelasan yang mendetail terkait dengan metode tersebut dan mengajak para audiens untuk mempraktikkan metode analisis kluster. Menurut Zalfa, metode analisis kluster ini dapat diimplementasikan dalam banyak hal utamanya dalam bidang kesehatan.

“Kita ambil contoh dalam bidang kesehatan. Apabila kita mencari penyebab dari hipertensi yang tentunya beragam. Pasti dari penyebab-penyebab itu ada kesamaannya, kan? Dengan metode ini, kita bisa mengelompokkan persamaan-persamaan itu dan mengambil intisari bahwa kluster yang memiliki anggota terbanyak merupakan penyebab utama dari penyakit hipertensi,” ungkapnya.

Statistics Coaching Clinic dilaksanakan di Aula Kahuripan 305, Gedung Rektorat, Kampus C UNAIR. Materi lainnya yang dibahas dalam workshop 4 hari tersebut adalah pengantar statistika, model regresi linear, dan rancangan percobaan.

Penulis : Pradnya Wicaksana

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu