Tingkatkan Skill Calon Promotor Kesehatan, B-PHA Adakan Design Class

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pemaparan materi tentang desain oleh Bastian Ragas. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa kesehatan masyarakat merupakan calon promotor kesehatan. Tentunya perlu media yang menarik dalam prosesnya. Banyuwangi Public Health Association (B-PHA), HIMA Kesehatan masyarakat PSDKU, melalui Biro FRAS memfasilitasi mahasiswa dengan mengadakan Design Class untuk meningkatkan skill dalam pembuatan media promosi berupa poster dan video. 

Bertempat di Ruang B201 Kampus Giri PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi, kegiatan tersebut mengundang salah satu Mahasiswa yang ahli dalam bidang design yakni Bastian Ragas sebagai pemateri. Kegiatan tersebut dilaksankan pada tanggal berbeda. Design Class yang dilaksanakan pada Kamis (17/10) itu berlangsung dengan penuh antusias dari peserta. Adanya praktik langsung pembuatan poster menjadi faktor pemicunya. 

Kepada UNAIIR NEWS, Agestin Awalin Kartika Sari selaku ketua pelaksana menjelaskan hal yang melatar belakangi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan itu dilakukan karena mengingat mahasiswa FKM memiliki peran promotor kesehatan dalam melakukan upaya promotif dan preventif terhadap kesehatan masyarakat.

“Dalam pengaplikasiannya itu bisa dilakukan dengan menggunakan media visual atau audio visual. Oleh karena itu diadakan kegiatan ini sebagai salah satu perkenalan tentang tools dari aplikasi untuk pembuatan medianya,” jelasnya.

Dalam Design Class, ungkapnya, pemateri memberikan penjelasan tentang desain grafis, memperkenalkan tools dari corel dan menjelaskan fungsinya, serta praktik pembuatan desain grafis. Sedangkan untuk Design Class berikutnya, pemateri memperkenalkan tools tentang adobe premiere pro dan menjelaskan fungsinya, serta praktik editing video.

 “Setelah itu, peserta akan membuat poster yang akan dilombakan dan posternya (pemenang) akan di tempel di mading FKM,” imbuhnya. 

Meski poster yang dibuat peserta tak dapat diselesaikan di akhir sesi karena keterbatasan waktu, panitia berharap, peserta dapat mengaplikasikan materi yang sudah disampaikan, bisa menambah skill dalam pembuatan poster atau editing video. (*)

Penulis: Rista Novianti

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu