PUSBA Adakan Kelas ELPT Gratis di UNAIR Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana kelas ELPT PSDKU UNAIR Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Pusat Bahasa (PUSBA) Universitas Airlangga (UNAIR) merupakan unit yang bekerja di bawah Fakultas Ilmu Budaya dan didirikan untuk menyediakan layanan bahasa satu atap. Unit ini menawarkan tiga program mapan: Pelatihan Bahasa, Pengujian Bahasa, dan Terjemahan. Salah satunya adalah tes bahasa Inggris yang menjadi prasyarat kelulusan, English Language Proficiency Test (ELPT).

Bersama dengan Direktorat Pendidikan (Ditdik), PUSBA juga menjangkau untuk memfasilitasi pengadaan test ELPT di Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) UNAIR di Banyuwangi. Selain test yang diadakan rutinan, untuk pertama kalinya pada tahun ini, PSDKU UNAIR di Banyuwangi juga mengadakan kelas persiapan untuk test ELPT yang juga dibantu PUSBA dan Ditdik.

Dibuka sejak tanggal 24 September 2019, kelas ELPT yang pertama ini diadakan secara gratis dan dikhususkan untuk angkatan 2016 dan sebelumnya yang belum lulus test ELPT. Hal ini tertuang dalam surat nomor 405/UN3.39/PPd/2019 yang dikeluarkan PUSBA UNAIR. Pelaksanaan materi melalui kelas sendiri dimulai sejak tanggal 12 Oktober hingga 16 November 2019, setiap akhir pekan. Selain angkatan 2016 dan sebelumnya yang belum lulus skor ELPT, persyaratan lainnya adalah mahasiswa yang belum pernah mengikuti pelatihan ELPT Ditdik gratis sebelumnya.

Kelas ini dinamai “Kelas Pelatihan Persiapan ELPT Ditdik 2019”. Setelah mendaftar pada laman pusatbahasa.unair.ac.id, ada total 50 mahasiswa angkatan 2016 yang mengikuti kelas ini. Total 50 mahasiswa ini kemudian dibagi pada dua kelas, kelas A dan kelas B.

Dessy Rizky Putri, salah satu mahasiswi di kelas A mengatakan, antusias dari teman-teman yang mengikuti kelas ELPT ini sangat tinggi. Menurutnya, ada 25 mahasiswa di kelas A. Untuk pengajarnya sendiri juga berasal langsung dari PUSBA.

“Beliau  juga tahu bagaimana cara menyampaikan ilmu kepada mahasiswa dengan tepat, gaya bahasa yang mudah dipahami dan yang paling penting membuat mahasiswa enjoy sehingga tidak bosan di kelas,” ujarnya.

Selain Dessy di kelas A, Winda Febri Anisa Fitri, salah satu yang terdaftar di kelas B juga memberikan pendapatnya mengenai kelas ELPT gratis dari Ditdik ini. Menurutnya, fasilitas yang didapat dari kelas sangatbaik. Antara lain,  pengajar yang kompeten dalam bidangnya, buku ELPT Level 1, ruang kelas yg nyaman, fasilitas listening yang memadai.

“Dan yang terpenting semua didapatkan secara gratis, hehe,” ujarnya.

Lebih lanjut, Winda berharap kelas ini akan terus diadakan dengan memberikan testimoni. Baginya, selama mengikuti kelas, ia mendapatkan tips dan trik bagaimana menjawab soal ELPT dengan mudah.

“Kelas Pusba kemarin sangat membantu saya untuk lebih mengerti dan memahami bagaimana mengerjakan ELPT dengan tepat,” pungkasnya.

Penulis: Tsania Ysnaini Mawardi

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu