PSDM Ormawa UNAIR Banyuwangi: Kaderisasi Belum Usai

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu potret proses kaderisasi di PSDKU UNAIR Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Dalam dua tahun terakhir, pelaksanaan acara kaderisasi di Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga (UNAIR) di Banyuwangi selalu dilaksanakan secara terintegrasi. Maksud dari terintegrasi adalah penyatuan acara kaderisasi baik pada taraf kampus maupun jurusan dalam satu linimasa. Meskipun tidak bisa disamakan karena perbedaan orientasi mahasiswa pada tiap jurusan, namun integrasi kaderisasi masih dapat dilaksanakan dalam waktu satu bulan atau lebih.

Integrasi kaderisasi yang dibuka dan ditutup dengan acara Viva Outer Division (VOD) ini merupakan buah pemikiran dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) di tiap-tiap organisasi mahasiswa. Pun dengan tahun ini, pelaksanaan orientasi mahasiswa tingkat jurusan tersisip di tengah-tengah VOD.Namun, kaderisasi tentu tidak hanya usai begitu selesainya rangkaian acara terintegrasi ini. Masih ada serangkaian panjang bentuk pengkaderan lain yang dilaksanakan di tiap-tiap organisasi mahasiswa dalam menaungi program studinya masing-masing.

Menanggapi perihal ini, Ahmed Sultan Afif Shiddiq selaku Kepala Departemen PSDM Keluarga Mahasiswa (KM) UNAIR Banyuwangi. Kepada tim UNAIR NEWS, ia menjelaskan, bentuk kaderisasi lanjutan yang paling umum adalah orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) pada tingkat jurusan.

“Kaderisasi jurusan ini diharapkan lebih menjurus ke disiplin ilmu masing-masing sehingga mahasiswa baru dapat mengenal dan praktek terkait hal yang berkaitan dengan disiplin ilmu mereka sebagai bekal dalam bangku perkuliahan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ahmed sapaan akrabnya mengatakan bahwa kaderisasi lanjutan bertujuan juga untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai program studi pilihan mahasiswa baru. Sehingga, tandasnya, mahasiswa lebih yakin dan bangga terhadap program studi yang telah mereka pilih.

Hal tersebut juga diamini juga oleh Kepala Departemen PSDM Himpunan Mahasiswa Akuakultur (HIMAKUA), Windy Ayudya Nugrahani, terutama tentang kaderisasi di program studinya. Windy menjelaskan, selama ini selalu ada garis koordinasi antara Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) dengan HIMAKUA di Banyuwangi.

“Jadi, mahasiswa baru melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) berkelanjutan. PPKMB ini ada jadwalnya sendiri dan dilaksanakan setelah Fisheries Leadership Training (FLT), baik yang indoor maupun outdoor,” tuturnya.

Tujuan dari FLT dan PPKMB berkelanjutan ini, ungkapnya,  antara lain untuk mengenalkan mahasiswa baru kepada kakak tingkat, dosen, komunitas mahasiswa, hingga materi-materi seperti laboraturium dan jurnal. PSDM HIMAKUA melaksanakan kaderisasi lanjutan ini hingga bulan November 2019.

Tercatat, selain PSDM HIMAKUA, PSDM di organisasi mahasiswa yang lain juga turut melaksanakan kaderisasi lanjutan dengan tujuan serupa, seperti FORZA di Akuntansi, PARVO di Kedokteran Hewan, hingga B-TOPH di Kesehatan Masyarakat.

Penulis: Tsania Ysnaini Mawardi

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu