Program PBA UNAIR Banyuwangi Resmi Dimulai

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh tirto id

UNAIR NEWS – Pelaksanaan PBA (Pembinaan Baca al Quran) telah resmi dimulai pada Senin (21/10). Mengenai hal itu, Shona Umma Kamala selaku ketua kegiatan PBA mengatakan bahwa peserta PBA telah dibagi menjadi 17 kelas dengan mentor yang berbeda tiap kelasnya. Kelas-kelas tersebut, jelasnya, dibagi berdasarkan hasil tes yang dilakukan pada 16 September 2019. Kelas dipetakan menjadi tiga jenis yang terdiri dari kelas A, B, dan C.

Ia juga mengatakan bahwa kelas A akan mendapatkan materi binaan mengenai bacaan Ghorib, Kelas B bacaan Tajwid, dan kelas C fokus dalam kelancaran membaca. Materi binaan tersebut dijadikan sebagai indidkator keberhasilan dari kegiatan ini. 

“Kegiatan PBA akan dilaksanakan sebanyak sepuluh kali pertemuan yang terdiri dari 2x tes, yaitu tes  awal saat pemetaan kelas dan post test diakhir pertemuan, sementara 8x pertemuanlainnya diisi dengan pembinaan baca Al Quran dan materi sesuai indicator kelulusan,” ungkapnya.

Pembelajaran, lanjutnya, wajib dilakukan dilingkungan kampus. Mentee (Peserta PBA) yang berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Perikanan Kelautan akan melaksanakan PBA di kampus Giri, Sementara mentee dari fakutas Ekonomi Bisnis DAN Fakultas Kesehatan Masyarakat dapat melaksanakan pembelajaran di kampus Sobo.

Salah satu kelas yang telah melaksanakan pembelajaran yaitu Kelas B1. Kelas itu, ungkapnya, memulai kegiatan baca al Quran di Musholla Kampus Sobo pada Senin siang.

“Alhamdulillah, pertemuan pertama kelas B1 peserta datang semua, lenkap tidak ada yang Absen,” ungkap mentor kelas B1 itu.

Sementara itu, peserta pada kelas B1 belajar mengenai bacaan tajwid dari buku PBA yang telah dibagikan oleh panitia. Dalam satu pertemuan memerlukan waktu 45 menit. Zaskia selaku peserta PBA kleas B1 mengatakan bahwa metode pembelajaran PBA tahun ini yaitu mentor membacakan terlebih dahulu kemudian diikuti oleh mentee. 

 “Saya merasa senang mengikuti PBA, bersyukur kampus mengadakan kegiatan yang sangat , selain menambah pahala juga mengisi waktu luang setelah pulang kuliah,” ungkap Zaskia salah satu peserta PBA kelas B1

Tercatat, penutupan PBA akan ditutup dengan kegiatan post test pada pertemuan terakahir yang dilakukan oleh mentor masing-masing kelas pada 24 November 2019. Kemudian Peserta akan mendapatkan sertifikat PBA pada tanggal 30 November. (*)

Penulis: Dewi Masluqiyah

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).