Pahami Langkah Awal Menuju Dunia Kerja

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
DRS. Tubiyono M.Si bersama pembawa acara Hanifah Zayyan saat mengisi seminar Prospect Vokasi Career Day 2019, Minggu (20/10/2019) di Aula Vokasi Gedung C. (Foto: Istimewa)
DRS. Tubiyono M.Si bersama pembawa acara Hanifah Zayyan saat mengisi seminar Prospect Vokasi Career Day 2019, Minggu (20/10/2019) di Aula Vokasi Gedung C. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Setiap mahasiswa apabila telah menyelesaikan pendidikannya tentu akan memasuki dunia kerja. Melamar pekerjaan ke perusahaan atau instansi pemerintah. Persaingan menuju dunia kerja tidaklah mudah. Karena itu, sejak duduk di bangku kuliah, hendaknya mahasiswa mulai memahami langkah awal menuji dunia kerja.

Terlebih saat ini banyak perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Hal tersebut menunjukkan bahwa kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang.

Mencari Kerja yang Benar

Drs. Tubiyono M.Si, dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) serta koordinator kerja sama Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) Universitas Airlangga (UNAIR) dalam seminar Prospect Vokasi Career Day 2019 pada Minggu (20/10/2019) di Aula Vokasi Gedung C menjelaskan bahwa ada enam hal yang harus dipahami untuk mencari kerja yang benar. Pertama pilih pekerjaan, posisi, atau jabatan perusahaan yang diinginkan sesuai dengan kompetensi serta bidang ilmu yang ditekuni.

Kedua, Cari informasi tentang lowongan pekerjaan memalui berbagai media cetak maupun elektronik. Ketiga, Cari tahu sebanyak mungkin tentang perusahaan yang dituju seperti budaya, sistem penggajian dan jenjang karir. Keempat, buatlah Curriculum Vitae (CV) dan surat lamaran yang menarik. Kelima, persiapkan mental dan penampilan dalam menghadapi tes masuk serta wawancara. Dan, keenam siap untuk menerima kegagalan.

Drs. Tubiyono mengatakan, saat wawancara, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain cara berpakaian, yakni cara berjalan, cara duduk, serta pandangan mata. Hal tersebut dapat menunjukkan rasa percaya diri seseorang. Dalam berbahasa, pilihlah kata-kata yang baik saat menghadapi wawancara. Hal tersebut dapat menjadi indikator dalam penilaian wawancara.

“Ketika kita (Pelamar Kerja, Red) duduk, jangan bersandar pada kursi yang terdapat sandarannya, posisi punggung harus lurus dan harus duduk dengan tenang,” ucapnya.

“Pandangan mata ke depan, jangan melihat ke langit-langit atau lantai. Seseorang yang pandangan matanya menuju ke langit-langit atau lantai menunjukkan bahwa seseorang tersebut kurang percaya diri,” terangnya.

Ketika seseorang mencoba melamar pekerjaan lalu gagal, hal tersebut merupakan hal yang biasa terjadi.

Tetap semangat dan terus mencoba adalah kuncinya. “Jika tes pertama gagal, anggap saja sebagai pengalaman pertama”, ujarnya.

“Tidak perlu putus asa, terus saja mencoba. Ambil hikmahnya apabila gagal dalam melamar pekerjaan”, imbuhnya. (*)

Penulis: Icha Nur Imami Puspita

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu