Dakwahkan Ekonomi Islam Kepada Generasi Muda Lewat Lomba

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SUASANA babak final Islamic Economic Olimpiad pada 18 Oktober 2019 di Aula Soepyo FEB UNAIR. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Islamic Economic Olimpiad (SEO) adalah salah satu sub acara dari program kerja   Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam (HIMA EKIS) yaitu Iqtishoduna. Acara SEO merupakan kompetisi olimpiade ekonomi Islam untuk SMA/MA sederajat tingkat nasional. Tahun ini SEO diselenggarakan pada hari Jum’at (18/10/2019) di Aula Soepoyo Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (UNAIR).

Acara bertema Exploring Sharia Economic to Actualize Islamic Values in Moslem Generation dibuka langsung oleh perwakilan dosen Ekonomi Islam Siti Zulaikha S.E., M.Si., Ph.D. Siti menyampaikan dalam sambutannya untuk mengajak para peserta untuk berkompetisi secara sehat.

“Menang atau kalah itu hal yang wajar, tapi yang paling penting adalah keinginan kita untuk siap berkompetisi secara sehat. Saya ucapkan selamat sehingga sampai dititik ini untuk siap berkompetisi, dan saya tunggu kalian untuk bergabung di Departemen Ekonomi Syariah pertama di Indonesia,” sambut Siti.

Menurut Ahnan Fajar selaku ketua HIMA EKIS, SEO merupakan salah satu cara untuk mendakwahkan Ekonomi Islam kepada generasi muda serta untuk memperkenalkan jurusan Ekonomi Islam UNAIR.

“Tujuan kita mengadakan acara ini tidak hanya untuk mendakwahkan ekonomi Islam, tapi mengenai juga untuk memperkenalkan jurusan kami, karena jurusan Ekonomi Islam UNAIR adalah pioner ekonomi Islam yang didirikan di perguruan tinggi negeri,” jelas Ahnan.

Terdapat 29 tim yang berhasil lolos dari babak penyisihan secara online dan kemudian mengikuti babak semifinal di Surabaya. Pada babak semifinal, 29 tim melewati dua babak yaitu babak soal multiple choise dan essay, serta babak rush minute yakni peserta harus menjawab soal yang disediakan dilayar dengan waktu terbatas.

Dari 29 semi finalis, diambil empat tim terbaik dengan nilai tertinggi yaitu MAN 1 Pekanbaru, SMK Muhammadiyah 1 Pandaan, SMA IT Al-Irsyad Purwokerto, dan SMA Yapia Parung Bogor. Pada babak final keempat peserta mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya melalui babak cerdas cermat dan melalukan student conference dengan tema yang telah ditentukan.

“Untuk soal yang kami kerjakan tahun ini jangkauan tentang Ekonomi Islam-nya lebih luas, jadi kami agak kesusahan mengerjakan soalnya. Tapi Alhamdulillah lolos babak final,” jawab Nabilah siswi MAN 1 Pekanbaru.

“Hal-hal khusus yang kami siapkan untuk SEO ini, kami belajar modul terus kami juga persiapan latihan presentasi dan membaca meteri untuk student conference tentang tingkat literasi keuangan syariah di Indonesia,” lanjut Ihsan siswa MAN 1 Pekanbaru.

Pada babak final, keempat tim saling mengejar poin sehingga babak final berlangsung sangat ketat. Akhirnya, tim MAN 1 Pekanbaru berhasil menjadi pemenang dengan mendapatkan poin tertinggi, disusul oleh SMA Yapia Parung Bogor diposisi kedua. (*)

Penulis: Febrian Tito Zakaria Muchtar

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).