Mahasiswa D3 Akuntansi UNAIR Beri Penyuluhan Pentingnya Laporan Keuangan di Kampung Kue

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PENYULUHAN dan pelatihan cara membuat laporan keuangan oleh mahasiswa D3 Akuntansi UNAIR keapda ibu-ibu produsen kue di kampung kue, Rungkut. (Foto: Istimewa)
PENYULUHAN dan pelatihan cara membuat laporan keuangan oleh mahasiswa D3 Akuntansi UNAIR keapda ibu-ibu produsen kue di kampung kue, Rungkut. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa D3 Akuntansi Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas) di Kampung Kue, Rungkut Surabaya pada Minggu pagi (20/10/2019). Kegiatan itu berupa penyuluhan sekaligus pelatihan cara membuat laporan keuangan yang baik bagi UMKM.

Kegiatan yang menyasar para produsen kue di kampung kue itu mengusung tema “Mengoptimalisasi Penerapan Laporan Keuangan yang Akuntabel Sesuai dengan Standar Akuntansi UMKM dalam Rangka Mempermudah Pengelolaan Keuangan Usaha”. Tujuannya kegiatan itu adlaah menyosialisasikan pentingnya laporan keuangan dan mengajarkan cara membuat laporan keuangan yang baik dan benar.

“Tujuan yang  pertama untuk memberikan sosialisasi dan penyuluhan mengenai bagaimana cara membuat laporan keuangan yang baik. Kemudian, bagaimana mengelola keuangan yang baik agar bisa diterapkan dan berdampak baik oleh masyarakat UMKM sekitar dalan pengelolaan keuangan usahanya,” ujar Ramadhan Putra Balqis, ketua pelaksana kegiatan.

Menurut Ramadhan, laporan keuangan sangat penting bagi pengusaha karena memiliki banyak manfaat. “Laporan keuangan sangat penting. Karena dengan adanya laporan keuangan ini, kita bisa tahu bagaimana pengelolaan keuangan kita. Kita juga bisa memprediksi bagaimana keuangan kita ke depannya. Jadi, bisa tahu aset dan untung ruginya,” terangnya.

Bukan hanya materi, Ramadhan menyebut terdapat latihan memecahkan kasus. Kemudian, praktik menyusun laporan keuangan dari proses awal sampai akhir yang diajarkan langsung oleh mahasiswa D3 Akuntansi. 

“Materinya menyampaikan mengenai apa itu laporan keuangan, manfaat laporan keuangan bagi UMKM itu sendiri. Kemudian bagaimana keuntungan dan kelebihannya bagi UMKM tersebut,” imbuhnya.

“Setelah itu ada latihan membahas kasus, kita belajar memecahkan kasus tadi dimulai dari cara menentukan harga pokok penjualan sampai yang terakhir menyusun laporan keuangan atau laporan laba rugi,” imbuhnya.

Melalui kegiatan pengmas yang rutin diadakan oleh Hima D3 Akuntansi tersebut diharap dapat memberikan dampak yang baik bagi pengelolaan keuangan masyarakat di kampung kue dengan menerapkan pembuatan laporan keuangan.

Penulis: Lailatul Fitriani

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu