Angkat Topik Gizi Buruk, Mahasiswa Keperawatan Raih Juara II Lomba Poster Nasional

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dwi (kiri) dan Shavira (kanan) meraih juara II poster pada perlombaan Public Health National Competition 2019 pada tanggal 13 Oktober 2019, di Surabaya. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Ksatria Airlangga tidak ada henti-hentinya menorehkan prestasi. Prestasi kali ini datang dari Mahasiswa Fakultas Keperawatan (FKp) yang baru saja meraih juara II Kategori Lomba Poster Populer pada ajang perlombaan Public Health National  Competition 2019. Kompetisi itu diselenggarakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) pada Jum’at (11/10/2019) hingga Minggu (13/10/2019).

Mahasiswa FKp yang meraih prestasi tersebut adalah Dwi Yanti Rachmasari Tartila dan Shavira dari angkatan 2016. Dalam lomba poster yang menggangkat tema Optimalisasi Peran Kesehatan dalam Rangka Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0, Dwi dan Shavira membuat sebuah poster bertajuk ‘Sarapan Sehat Bersama Isi Piringku’.

“Kita memilih topik ini karena prevalensi gizi buruk dan kurang gizi di Indonesia sangat tinggi. Maka dari itu kita mengangkat ‘Sarapan dan Isi Piringku’ sebagai topik untuk meningkatkan kualitas gizi di Indonesia,” ungkap Dwi selaku ketua tim.

Mengangkat topik tersebut, Dwi dan Shavira berhasil masuk lima besar poster yang lolos tahap final. Pada tahap final mereka melakukan presentasi tentang topik yang mereka angkat. Mereka melawan empat delegasi kampus lain, yakni dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), UNAIR, Universitas Katolik, dan salah satu SMK di Surabaya.

“Persiapan yang kita lakukan cukup lama, satu minggu lebih. Kita belajar materi, mempersiapkan bahan-bahan yang akan dipresentasikan, dan pastinya latihan presentasi kurang lebih empat kali untuk mengurangi rasa tidak percaya diri,” ujar Dwi.

Menurut Dwi, kelebihan timnya sehingga mendapatkan predikat juara II adalah presentasi yang tertata rapi. Mereka menonjolkan poinpenting yang disampaikan melalui poster, serta saat presentasi tidak merasa gugup dan percaya diri.

Pada perlombaan kali ini, Dwi dan Shavira tidak hanya menyabet juara II saja tetapi juga berhasil meraih juara poster favorit yang penilaiannya melalui perolehan like instagram terbanyak. Prestasi itu bukanlah prestasi yang pertama kali mereka peroleh. Dwi selaku ketua tim pada bulan April lalu berhasil menyabet Gold Medal dan Spesial Award pada kejuaraan Shanghai International Exhibition of Inovation.

Pada akhir wawancara, Dwi memberikan sebuah pesan untuk mahasiswa UNAIR lainnya, terkhusus untuk para mahasiswa FKp. “Buat teman-teman yang mau dan sedang mengikuti perlombaan apapun tetap semangat jangan pernah ada menyerah. Menang kalah dalam perlombaan sudah biasa, tetapi teruslah berjuang untuk mencoba,” tutup Dwi. (*)

Penulis: Febrian Tito Zakaria Muchtar

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu