Perdana, Pasar Murah Kolaborasi BEM dengan KM UNAIR Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
TIM Pengmas Pasar Murah saat sesi foto bersama. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS– Departement Sosial Masyarakat Keluarga Mahasiswa (KM) Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi berkolaborasi dengan Kementrian Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Airlangga selenggarakan Pasar Murah Airlangga.

“Pasar murah airlangga ini menghadirkan berbagai jenis sembako yang akan dijual dengan harga murah kepada masyarakat. Harga yang ditawarkan lebih hemat 37,5% dari harga pasaran, sehingga lebih menguntungkan masyarakat terutama bagi ekonomi menengah ke bawah,” ungkap Ahmad Rido’I Yuda Prayogi selaku Ketua Departement Sosma KM PSDKU UNAIR.

Pada pelaksanaannya, lanjut mahasiswa yang kerab disapa Yuda, kegiatan tersebut diawali dengan adanya Open Donasi yang dilakukan oleh BEM UNAIR pada mahasiswa baru ketika PKMB. Kemudian, hasil dari donasi tersebut dialokasikan untuk penyelenggaran kegiatan Pasar Murah. Tahun ini, merupakan kali pertama kegiatan Pasar Murah diselenggerakan dalam bentuk kerjasama.

“Kegiatan Pasar murah ini biasanya diadakan saat bulan Ramadhan oleh Departement Sosial Masyarakat KM PSDKU UNAIR setiap tahunnya. Namun, kalau untuk Pasar Murah sebagai program kerjasama antara KM PSDKU UNAIR dengan BEM UNAIR itu sendiri, merupakan kegiatan perdana yang baru dilaksanakan pada tahun ini,” jelasnya.

Kegiatan itu dilaksanakan di Desa Mitra Taman Sari yang merupakan Desa binaan KM PSDKU UNAIR. Dilaksanakan dalam waktu satu hari penuh, penyelenggarannya terbagi pada 5 titik di salah satu Dusun Desa tersebut yaitu Dusun Ampel Gading. Hal tersebut dilakukan supaya terdapat pemerataan pada seluruh warga di Dusun tersebut.

“Alasan utama memilih tempat disana sebagai pelaksanaan kegiatan tersebut, dikarenakan beberapa masyarakat masih membutuhkan bantuan. Beberapa sasaran yang dituju yaitu warga yang kurang mampu, janda, orang tua yang tidak memiliki anak. Dimana data tersebut didapatkan melalui Kepala Dusun setempat,” tambahnya.

Target dalam kegiatan tersebut berhasil menjual 150 bungkus dengan harga per bungkus yaitu Rp 15.000,- (Beras 1 Kg, Gula 1Kg, Minyak 1 liter). Hasil penjualan itu nanti nya akan diserahkan sepenuhnya untuk diatur oleh kewenangan BEM UNAIR Surabaya, dan kegiatan Pasar Murah Airlangga selanjutnya akan tetap terlaksana.

“Harapannya semoga kegiatan ini menjadi agenda yang tetap dan berkelanjutan, agar kerjasama dan kekeluargaan antara KM PSDKU UNAIR dengan BEM UNAIR Surabaya masih tetap terjaga keharmonisasian nya. Walaupun jarak yang begitu jauh, ketika silaturahmi dan komunikasi tetap terjalin, maka hubungan yang tercipta akan lebih baik,” tutupnya (*)

Penulis: Athiya Adibatul

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu