UNAIR Paparkan Keterbukaan Informasi di KIP RI

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ketua KIP RI Gede Narayana (tengah) bersama perwakilan PPID pelaksana usai monev. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia, kembali menggelar monitoring dan evaluasi tentang penyelenggaraan keterbukaan informasi yang dilakukan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di berbagai perguruan tinggi. Kegiatan yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia itu, dilangsungkan di Hotel Mercure Jakarta pada Selasa (15/10).

Dalam kegiatan itu, hadir Ketua Pusat Informasi dan Humas Universitas Airlangga Dr. Suko Widodo M.Si., selaku pengelola PPID. Didampingi oleh dua staf pelaksana PPID, Suko memaparkan berbagai proses penyelenggaraan keterbukaan informasi di lingkungan UNAIR. Tidak hanya itu, sebagai barometer yang menjadi ketentuan penilaian KIP pada tahun ini, Suko juga memaparkan inovasi yang telah dilakukan oleh PPID UNAIR.

“Satu inovasi penting yang sudah kami lakukan adalah adanya dashboard yang menyajikan berbagai data statistik yang bisa diakses publik secara mudah, cepat, murah, dan akurat,” ujar Suko.

Pada presentasi yang dilakukan dihadapan ketiga penilai, yakni Prof. Siti Zuhro, M.A., Gede Narayana, dan Hendra J. Kede., juga dipaparkan bahwa salah satu dampak nyata dari keterbukaan yang telah dilakukan UNAIR adalah berbagai capaian prositif. Capaian itu seperti LHKPN terbaik, kontributor terbaik QS WOW NEWS selama enam bulan.

“Dan pada tahun lalu UNAIR menjadi salah satu perguruan tinggi yang masuk dalam kategori cukup informatif,” tandasnya.

Sementara itu, ditemui usai proses monitoring dan evaluasi, Ketua KIP RI Gede Narayana mengatakan bahwa dalam keterbukaan informasi, KIP menggalakkan semua lembaga, salah satunya perguruan tinggi untuk mengoptimalisasi penyelenggaraan keterbukaan informasi bagi publik. Untuk itu, tandasnya, ke depan pihaknya ingin perguruan tinggi bisa menjadi contoh dalam pelaksanaan penyelenggaraan keterbukaan informasi publik.

“Ke depan, dengan kegiatan semacam ini, keterbukaan informasi publik yang ada di berbagai lembaga dan khususnya perguruan tinggi bisa lebih meningkat,” pungkasnya.

Penulis: Nuri Hermawan.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).