Lakukan Closing, Abdi Desa FST Bangun Taman Bacaan Sekolah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PANITIA Abdi Desa FST melakukan foto bersama di depan rumah salah satu warga Desa Gumeng. (Foto: Fahmi Royani)
PANITIA Abdi Desa FST melakukan foto bersama di depan rumah salah satu warga Desa Gumeng. (Foto: Fahmi Royani)

UNAIR NEWS – Abdi Desa merupakan salah satu program kerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga berupa aksi terjun langsung kepada masyarakat selama beberapa hari. Kegiatan itu terbagi dalam beberapa rangkaian acara atau program kerja yang ditujukan untuk membantu masyarakat desa.

Salah satu rangkaian acara Abdi Desa FST 2019 adalah Closing Abdi Desa. Acara itu sekaligus menjadi penutup dari Abdi Desa FST yang sebelumnya telah dilakukan opening Abdi Desa, acara inti, dan kurban bersama. Closing Abdi Desa sendiri diaksanakan selama dua hari pada hari Sabtu (12/10) dan Minggu (13/10/2019)

Pada Sabtu (12/10/2019), acara difokuskan pada persiapan menghias ruangan kelas di SD Gumeng.  Dilanjutkan dengan mempersiapkan tempat dan dekorasi yang akan digunakan malamnya untuk malam keakraban (makrab). Khususnya bagi seluruh masyarakat Desa Gumeng dan seluruh panitia Abdi Desa FST

“Adanya makrab ini sendiri bertujuan sebagai hiburan untuk warga Gumeng dan panitia Abdi Desa FST yang telah melakukan pengabdian di gumeng, serta merekatkan hubungan antar warga Gumeng dan panitia Abdi Desa,” ujar Inengah Ilham selaku ketua Abdi Desa FST.

Beberapa anak menampilkan tarian yang menghibur warga maupun panitia. Panitia Abdi Desa FST juga menyumbangkan beberapa lagu sebagai hiburan kepada para warga. Tak lupa juga terdapat bakar jagung gratis untuk warga Desa Gumeng sendiri.

Terlihat antusias dari masyarakat cukup tinggi pada makrab saat itu ditandai dengan banyaknya warga desa yang datang untuk menyaksikan pertunjukan pada malam itu. Untuk meningkatkan minat baca dari anak-anak Desa Gumeng, Abdi Desa FST juga membuat taman bacaan di tiap-tiap kelas SD Gumeng pada Minggu (13/10/2019)

“Kami membawa beberapa buku bacaan dari Surabaya untuk di sumbangkan ke Desa Gumeng agar anak-anak lebih meyukai membaca buku,” ungkapnya.

Pada penghujung acara dilakukan pemotongan tumpeng dan dilanjutkan dengan makan bersama oleh seluruh panitia sebagai perpisahan kegiatan Abdi Desa FST. “Harapan kami untuk Desa Gumeng sendiri semoga menjadikan perekonomian di Desa Gumeng lebih maju dan dapat menjadi desa yang mandiri,” pungkasnya.(*)

Penulis: Fahmi Royani

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu