Ingin Merintis Karir atau Berwirausaha? Yuk Gabung PPKK UNAIR!

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
(Sumber: PPKK UNAIR)

UNAIR NEWS – Mendapat sebuah pekerjaan yang diinginkan merupakan suatu hal yang didamba-dambakan oleh calon lulusan. Tetapi pada kenyataannya untuk mendapatkan pekerjaan tersebut tidak semudah apa yang dibayangkan.

Untuk mengatasi permasalahan itu Universitas Airlangga (UNAIR) melalui Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) memfasilitasi para calon lulusan untuk dapat mengasah kemampuan mereka. PPKK UNAIR dalam hal ini mengkoordinir semua kegiatan pencarian kerja bagi lulusan baru dan mempersipkan diri untuk siap menghadapi dunia kerja.

Menurut Dr. Elly Munadziroh, M.S., drg selaku Ketua PPKK UNAIR terdapat dua kategori bagi calon lulusan. Yaitu, calon lulusan yang minat untuk menitih karir dan calon lulusan yang memilih untuk berwirausaha.

“Mulai dari calon lulusan yang ingin bekerja ataupun berwirausaha, itu semua kami siapkan. Untuk yang minat ke dunia kerja, cara yang kami siapkan adalah dengan menambah dan meningkatkan kompetensi-kompetensi soft skill melalui workshop, seminar, dan pelatihan karir,” tutur Elly ditemui di sela-sela acara sharing session Kementerian Luar Negeri RI di Universitas Airlangga, Selasa (15/10/2019).

Elly melanjutkan, pelatihan karir yang diadakan oleh PPKK diselenggarakan sebanyak empat kali menjelang wisuda. Selain itu, juga diselengarakan workshop dan seminar mingguan untuk yang memilih karir maupun wirausaha.

Elly juga menjelaskan tentang persiapan calon lulusan yang minat berwirausaha yaitu dengan melalui program mahasiswa wirausaha.

“Di samping melalui workshop dan pelatihan, juga terdapat program mahasiswa wirausaha, karena dalam program di situ ada pendampingan usaha dan dana bagi adik-adik yang sudah mulai merintis wirausaha, dan juga kita mengirimkan lulusan untuk berkompetisi dalam tingkat nasional maupun internasional di bidang wirausaha,” tutur Elly.

Selanjutnya, Elly juga menjelaskan bahwa PPKK telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan menyelenggarakan Airlangga Career Fair (ACF) dan Airlangga Entrepreneurship Fair (AEF) yang berguna untuk calon lulusan untuk magang.

“Untuk wirausaha, kita juga bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) untuk memfasilitasi adik-adik yang ingin magang di BUMN dan bersertifikat,” pungkas Elly.

PPKK juga membuka peluang untuk perusahaan melakukan campus sharing. Perusahaan yang melakukan campus sharing tersebut akan melakukan recruitment kepada calon lulusan UNAIR. Di samping karir dan kewirausahaan, PPKK juga menjaring alumni yang mempunyai karir bagus.

“Kita menghimbau kepada para alumni yang mempunyai karir bagus supaya perusahaan dimana alumni itu bekerja untuk melakukan recruitment di UNAIR,” lanjutnya.

Elly menyebutkan beberapa hal yang perlu dilakukan oleh para calon lulusan sebelum memasuki dunia kerja. Salah satunya, merencanakan karir sejak dini. Calon lulusan harus mengikuti zaman seperti sekarang. Misalnya, di era revolusi industri 4.0 sekarang ini calon lulusan harus menguasi teknologi Informasi. Dengan adanya soft skill tambahan maka lebih memudahakn calon lulusan untuk masuk ke dalam sebuah perusahaan tertentu.

Di akhir, Elly memberikan pesan kepada calon lulusan untuk mempersiapkan diri dengan menambah skill untuk memasuki dunia kerja. Seperti membuat lamaran, CV, dan wawancara yang bagus yang akan dilatih di PPKK serta harus ada tambahan kompetensi. (*)

Penulis: Febrian Tito Zakaria Muchtar

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu