Fenomena Komunitas Online di Indonesia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Komunitas Online. (Sumber: The Daily Oktagon)

Di tengah persaingan bisnis yang dinamis, membangun ikatan kuat dan dipercaya oleh pelanggan adalah hal yang penting bagi perusahaan. Berdasarkan teori relationship marketing, menjalin hubungan dan interaksi dengan pelanggan memberikan dampak terbentuknya hubungan jangka panjang ke depan antara perusahaan dan pelanggan.

Upaya perusahaan untuk membangun ikatan tersebut adalah dengan masuk ke dalam komunitas merek yang berisi para pengguna dan pecinta merek. Komunitas merek merupakan salah satu strategi bisnis yang efisien dalam membangun loyalitas merek melalui komitmen anggota dengan komunitas dikarenakan para pecinta merek berkumpul dan berinteraksi dalam satu wadah, sehingga perusahaan dapat melakukan “monitor” aktivitas yang terjadi di dalam komunitas.

Berkembangnya internet dan media sosial di Indonesia membuat interaksi tidak hanya terjadi dalam aktivitas langsung namun juga aktivitas di dunia maya atau online. Sama halnya dengan interaksi pada umumnya yang sudah menggunakan media sosial, interaksi di dalam komunitas merek juga mulai menggunakan media sosial dalam berinteraksi. Penelitian ini memberikan insight terkait dengan aktivitas social networking pada komunitas merek online berbasis group chat di Indonesia terkait dengan penciptaan kepercayaan dan loyalitas pada merek.

Aktivitas social networking adalah aktivitas atau praktik di dalam komunitas merek yang melibatkan anggota komunitas serta tujuannya untuk menciptakan dan meningkatkan ikatan antar anggota komunitas merek. Ikatan antar anggota memiliki peran penting dalam terciptanya interaksi yang berkelanjutan serta membangun suasana yang lebih homogen di dalam komunitas.

Dalam aktivitas tersebut antar anggota akan memiliki indentitas yang sama sehingga membentuk hubungan sosial pertemanan. Anggota tidak lagi canggung untuk bertanya dan mencari informasi terkait merek kepada anggota lain yang berada di komunitas. Proses tersebut akan menciptakan pengetahuan yang kuat terkait merek dan menguatkan kepercayaan merek pada diri anggota. Ketika pelanggan semakin percaya pada merek pelanggan akan semakin loyal terhadap merek.

Penelitian ini mengambil sampel 150 orang yang tergabung dalam komunitas merek online pada produk otomotif sepeda motor yang merupakan komunitas yang banyak berkembang di masyarakat. Bagaimana aktivitas social networking di dalam komunitas online mempengaruhi terciptanya kepercayaan merek pada diri anggota komunitas yang pada akhirnya berdampak pada loyalitas merek. Beberapa alasan dan justifikasi yang menghasilkan temuan tersebut dapat dibaca pada link berikut http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/269, DOI: https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i3.269

Penulis: Ali Imaduddin Futuwwah, Dien Mardhiyah

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu