Peringati Hari jadi, HIMAKUA UNAIR Banyuwangi Gelar AQUBEST 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
FOTO bersama usai kegiatan kontes ikan cupang bersama panitia AQUABEST 2019. (Foto: Bastian Ragas)

UNAIR NEWS – Airlangga Aquaculture Betta Contest (AQUABEST) 2019 merupakan salah satu kegiatan peringatan hari jadi Himpunan Mahasiswa Akuakultur (HIMAKUA) Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga di Banyuwangi yang jatuh tepat pada tanggal 13 Oktober 2019. AQUABEST 2019 kali ini diusung oleh Departeman Kewirausahaan HIMAKUA.

Kegiatan AQUABEST 2019 diselenggarakan dalam beberapa rangkaian kegiatan, seperti kontes ikan cupang dan lomba mewarnai untuk Taman Kanak-kanak. Selain itu, talkshow inspiratif bertajuk “Bedah Tuntas Kultur Moina” juga ikut memeriahkan kegiatan AQUABEST 2019.

Ditemui UNAIR NEWS pada Minggu (13/10), Anisya Nicolleta Fisanti selaku ketua pelaksana memaparkan tujuan dilaksanakannya AQUABEST 2019. Selain sebagai peringatan hari jadi HIMAKUA,  AQUABEST 2019 bermaksud untuk meningkatkan nilai eksistensi ikan cupang kepada masyarakat luas.

“AQUABEST 2019 sebagai wadah para pecinta ikan cupang untuk memamerkan koleksinya. Selain itu sebagai upaya mengenalkan FPK kepada masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya,” jelas mahasiswa FPK angkatan 2017 tersebut.

Kontes cupang, tambahnya, diikuti oleh komunitas ikan cupang dari berbagai daerah di Banyuwangi, Malang, Bali, dan sekitarnya. Bagi 50 pendaftar pertama kontes ikan cupang ini, berkesempatan mengikuti talkshow inspiratif bersama dosen FPK Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga Banyuwangi secara gratis.

Selain kontes ikan cupang, lanjutnya, lomba mewarnai untuk siswa-siswi Taman Kanak-kanak ikut memeriahkan AQUABEST 2019. Sebanyak 41 pesertadengan antusias datang dari berbagai Taman Kanak-kanak di daerah Banyuwangi dan sekitarnya.

“Sejak HIMAKUA merilis poster kegiatan AQUABEST ini antusiasme peserta lomba mewarnai cukup tinggi, selain itu juga gratis biaya registrasi. Berbeda dengan kontes ikan cupang yang mana registrasi dilaksanakan on the spot saat kegiatan,” ujarnya.

Bazar makanan dan peralatan aquascape ikut memamerkan produknya di stand-stand yang telah disediakan panitia AQUABEST 2019 di sekitar lokasi kegiatan. Selain itu, yang tak ketinggalan stand sponsor yang membantu menyukseskan acara turut mengisi stand bazar.

“Harapannya kedepan, AQUABEST terus dilaksanakan sehingga luaran yang ingin dicapai bisa semakin luas dirasakan masyarakat. Peran serta masyarakat dan mahasiswa sangat diperlukan untuk menyukseskan kegiatan AQUABEST ini,” tutupnya.

Penulis: Dian Putri Apriliani

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu