Rekatkan Pengurus B-PHA, Adakan Upgrading dengan Pembina

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto bersama pengurus B-PHA dengan pembina setelah kegiatan upgrading selesai. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Upgrading merupakan sebuah kegiatan untuk saling merekatkan antar pengurus dalam suatu organisasi. Setelah setengah periode terlaksana, Banyuwangi Public Health Association(B-PHA) periode 2019 mengadakan upgrading. Fungsi dari upgrading itu sendiri adalah untuk meningkatkan mutu, pengetahuan, dan ilmu dalam berorganisasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (10/10), di Lapangan Futsal Kampus Giri.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, upgrading kali ini memberikan kesan yang berbeda, yaitu dengan mengundang dosen pembina B-PHA. Pada kesepatan kali ini, penguru B-PHA periode 2019, melakukan kegiatan evaluasi bersama biro atau divisinya masing-masing. Setelah kegiatan evaluasi selesai, dilanjut dengan sharing bersama pembina B-PHA, yaitu Diansanto Prayoga, S.KM., M.Kes.

Menurut dosen yang akrab disapa Dian, dalam suatu organisasi sebaiknya melaksanakan upgrading setahun empat kali. Diharapkan, dengan adanya upgrading tersebut, lanjutnya, mampu meningkatkan dan menjaga semangat dari masing-masing pengurus organisasi.

Kepada UNAIR NEWS,  Dian mengaku, dengan adanya upgrading bersama dosen pembina B-PHA, pihaknya tidak hanya memonitoring kegiatan lewat proposal kegiatan. Tapi, bisa dalam bentuk sharing dan diskusi di kegiatan upgrading ini. Harapannya, dosen pembina B-PHA menjadi lebih tau masalah apa saja yang terjadi dalam suatu himpunan, dalam hal ini adalah B-PHA.

“Dengan melibatkan pembina ini, pembina tidak hanya memonitor melalui proposal kegiatan. Namun, pada kegiatan upgrading ini bisa digunakan sebagai tempat untuk berkeluh kesah dan sharing mengenai permasalahan dari masing – masing biro atau divisi di B-PHA,” ungkapnya.

Menurutnya, organisasi merupakan proses belajar oleh mahasiswa. Ketika proses belajar tidak ada kata salah. Dalam hal ini, mahasiswa difokuskan untuk belajar menyelesaikan masalah dan tantangan yang ada dengan solusi yang tepat sebelum terjun ke realita yang sesungguhnya.

Diharapkan setelah adanya upgrading ini, seluruh pengurus dapat meningkatkan kinerjanya. Sehingga, dapat menyelesaikan program kerja sesuai dengan solusi pada saat upgrading. Selain itu, setelah kegiatan upgrading,  sudah mulai tersusun rekomendasi untuk kepengurusan tahun depan.

“Harapannya setelah adanya upgrading, seluruh pengurus dapat kembali meningkatkan semangatnya, motivasinya meningkat, kemudian program kerja yang belum terlaksana sampai saat ini ada solusi dari hasil upgrading ini. Selanjutnya, rekomendasi untuk tahun depan sudah mulai tersusun dari upgrading ini,” tutupnya.(*)

Penulis: Nadiyah Rahmasari

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu