Dosen dan Mahasiswa FKp UNAIR Jajaki Kerja Sama dengan UMMC Malaysia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Delegasi Fakultas Keperawatan UNAIR berfopto bersama dengan pihak UMMC, Malaysia, (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga (UNAIR) melakukan kunjungan dan pertukaran pelajar di University Malaya Medical Centre (UMMC), Malaysia, pada Selasa (8/10/2019). Pertukaran pelajar tersebut akan dilaksanakan dalam waktu sepuluh hari dimulai dari Senin (7/10/2019).

Terdapat sepuluh perwakilan dari FKp yang mengikuti kegiatan tersebut. Yaitu Dr. Makhfudli S.Kep.,Ns.,M.Ked.Trop dan Dr. Abu Bakar M.Kep.,Ns.Sp.Kep.MB sebagai perwakilan dosen. Kemudian Rahmatul Fitriyah sebagai perwakilan mahasiswa S2.

Selain itu juga terdapat tujuh mahasiswa S1. Yaitu Rahmalia Hidayanti (Rahmalia), Halfie Zaqiyah Gusti P, Chusnul Hotimah, Nabila Rahma Ulinnuha, Mustika Milenia Dwi T, Yosevin Karunia Nababan dan Muhammad Fikri Alfaruq.

“Tujuan dilakukannya kunjungan tersebut adalah untuk menjalin kerjasama antara fakultas keperawatan UNAIR dengan pihak UMMC Malaysia dan untuk mengobservasi dan mempelajari apa-apa saja yang ada di UMMC,” jelas Rahmalia.

Terdapat beberapa hasil yang didapatkan dari kunjungan tersebut. Di antaranya adalah menjalin kerja sama dengan pihak UMMC, mengetahui perbedaan dari UMMC dengan RSUA, dan mendapatkan motivasi untuk mengembangkan perkuliahan di UNAIR.

Setidaknya ada tiga bentuk kerja sama yang dijalin. Yaitu pertukaran pelajar di setiap tahunnya, pengabdian masyarakat, dan guest lecture.

“Senang sekali bisa mengikuti kegiatan ini. Selain bisa mempelajari budaya Malaysia, kita juga dapat mempelajari ilmu keperawatan di sini, mendapat teman baru, sekaligus memperluas relasi dan pengalaman baru,” lanjut Rahmalia.

Ke depan, setelah dilakukan kunjungan, Rahmalia berharap tetap terjalin hubungan baik antara UMMC dan FKp UNAIR. Tidak hanya hubungan akademik namun juga dunia kerja.

“Semoga setelah kegiatan ini berlangsung ada inovasi baru untuk rumah sakit UNAIR dan juga UNAIR sendiri dalam pengembangan kerja dan inovasi di dunia perkuliahan nantinya,” pungkasnya.

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu