Sukses, Pengmas Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Tim FKG UNAIR. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Dalam meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat di bidang Kedokteran Gigi khususnya Bedah Mulut dan Maksilofasial, maka seorang Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial diharapkan untuk dapat mengaktualisasi diri dalam perkembangan iptek di bidang Kedokteran Gigi yang berlangsung sangat pesat.

Oleh karena itu, Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial, FKG Unair pada hari Minggu (6/10/2019), mengadakan Seminar dan Workshop “Minimal Invasive Technique In Oral and Maxillofacial Surgery” dengan topik “Application of Piexo Electric Techniques in Maxillofacial Bone Surgery” di Hotel Four Points by Sheraton, Surabaya. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unair dan juga sebagai ketua panitia acara ini, Dr. David B. Kamadjaja,drg.,MDS.,Sp.BM (K).

Kegiatan ini merupakan program Pengabdian Masyarakat (pengmas) Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga. Sasaran pengmas pada tahun ini, khusus ditujukan kepada komunitas Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial yang tergabung dalam Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI) wilayah Jawa Timur.

Tujuan dari penyerlenggaraan acara ini adalah untuk memperkenalkan dan memberikan pelatihan kepada para peserta seminar dan workshop dalam hal teknik piezo electric untuk penatalaksanaan kasus-kasus pembedahan pada tulang maksilofasial, seperti pembedahan dento alveolar, pembedahan terkait dental implant, pembedahan terkait sinus maksilaris, bone grafting, dan lain-lain.

Dalam sambutannya, Dokter David mengatakan bahwa sebagai seorang Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial dalam menghadapi era RI 4.0 dituntut bekerja dengan cepat dan efisien, dengan resiko dan komplikasi yang seminimal mungkin.

“Salah satu upaya untuk mewujudkan hal itu adalah dengan meningkatkan keterampilan dan penguasaan teknologi pembedahan yang canggih,” ungkapnya.

Pada acara seminar dan workshop ini, ada tiga pemateri. Dr. David B. Kamadjaja, drg., MDS., Sp.BM (K) membawakan materi tentang Introduction to Piezo Electric Surgery, Achmad Harijadi, drg., MS., Sp.BM (K) dengan materi Sinus Lift with Piezo Electric, dan Prof. Coen Pramono., drg., SU., Sp.BM(K), FICS. dengan topik materi Modified Lindorf Sinus Surgery with Piezo Electric.

Acara itu terbilang sukses karena dihadiri 40 Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial anggota PABMI yang tersebar di seluruh rumah sakit di Jawa Timur dan beberapa rumah sakit di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara yang antusias mengikuti kegiatan ini.

Penulis: Wayan Sutresna Yasa,drg

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu