Memasuki Pekan UTS, HMA UNAIR Banyuwangi Fasilitasi Asistensi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pelaksanaan Asistensi mata kuliah Akuntansi Dasar (Foto: Dokumentasi HMA)

UNAIR NEWS – Sejak tanggal 30 September 2019, civitas akademika Universitas Airlangga (UNAIR) resmi memasuki salah satu pekan paling sibuk dalam satu semester, yakni pekan Ujian Tengah Semester (UTS) di semester ganjil. Tak terkecuali bagi Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) UNAIR di Banyuwangi.

Untuk mempersiapkan UTS dengan baik dan matang, Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) UNAIR Banyuwangi sebagai organisasi mahasiswa yang langsung mewadahi dan memfasilitasi warga Akuntansi, membuat suatu agenda program kerja yang dinamai Asistensi. Berada di bawah pengawasan Departemen Pendidikan, Asistensi hadir sebagai wadah kegiatan belajar dan mengajar di luar jam Satuan Kredit Semester (SKS) dan pelaksanaannya dilakukan satu hingga dua minggu sebelum pekan ujian, baik UTS maupun Ujian Akhir Semester (UAS).

“Pengajar dari asistensi ini adalah tentor yang berasal dari mahasiswa yang terpilih melalui sistem close recruitment. Tujuannya sendiri adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mahasiswa, juga untuk mengurangi kuantitas mahasiswa untuk tidak mengulang mata kuliah,” jelas Dimas Fajar Noercholis, Kepala Departemen Pendidikan HMA kepada tim UNAIRNEWS.

Lebih lanjut, mahasiswa yang akrab disapa Dimas itu menjelaskan bahwa Asistensi diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa akuntansi, khususnya angkatan 2017, 2018, dan 2019 yang sedang menjalani pekan ujian perdananya. Mata kuliah yang diajarkan untuk Asistensi merupakan mata kuliah wajib di antaranya, Pengantar Teori Ekonomi Makro, Akuntansi Dasan, dan Akuntansi Keuangan Menengah.

“Untuk pemilihan mata kuliahnya adalah melalui jaring aspirasi terkait mata kuliah yang ingin diadakan, ataupun yang kami rasa sukar untuk dipahami dan sering diulang oleh mahasiswa,” ujar Dimas menjelaskan bagaimana prosedur terpilihnya mata kuliah yang diasistensikan.

Asistensi, sambungnya, telah menjadi salah satu program unggulan yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh warga akuntansi tiap pekan ujian. Sebagai penutup, Dimas berharap agar asistensi dapat memberikan manfaat terutama bagi mahasiswa dalam mempermudah belajar dan persiapan untuk menghadapi pekan UTS dan UAS. Dimas juga berharap seluruh mahasiswa akuntansi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Penulis: Tsania Ysnaini Mawardi

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu