Hari Batik Nasional, Mahasiswa UNAIR Banyuwangi Kompak Kenakan Baju Batik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa FKM PSDKU Banyuwangi kompak kenakan batik di Hari Batik Nasional. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Sejumlah mahasiswa dan dosen Kampus PSDKU UNAIR di Banyuwangi kompak kenakan baju batik pada peringatan Hari Batik Nasional 2019 yang jatuh hari Rabu (2/10). Dalam memperingati Hari Batik Nasional, tentunya tidak bisa lepas dengan sejarah dari tercetusnya peringatan Hari Batik Nasional.

Hari Batik Nasional diperingati setelah pada 2009, United Nations Educatinal Scientific and Cultural Organization (UNESCO), memasukkan batik Indonesia kedalam daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia. Dalam peringatan Hari Batik Nasional tahun ini, sejumlah mahasiswa kenakan baju Batik pada saat ke kampus.

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat PSDKU, juga tidak mau kalah dengan mahasiswa yang ada di fakultas lain, mereka kompak kenakan baju batik pada saat mengikuti perkuliahan pada hari ini. Kepada UNAIR NEWS, Ahmad Rhidoi Yuda Prayogi megatakan bahwa memperingati Hari Batik Nasional adalah suatu hal yang sangat penting. Pasalnya, sebagai generasi muda haruslah bangga dengan salah satu icon terbaik yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

 “Batik adalah salah satu ciri khas bangsa yang harus dilestarikan, karna kalau tidak, akan semakin besar peluang bangsa lain untuk merengutwarisan Batik dari bangsa Indonesia,” ungkap Yuda

Peringatan Hari Batik Nasional memang sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa PSDKU UNAIR di Banyuwangi. Selain memperingati Hari Batik Nasional, ada juga agenda khusus dari mahasiswa PSDKU UANIR di Banyuwangi untuk kenakan baju Batik setiap hari Rabu saat ke kampus. Hal itu, sebagai upaya untuk mempertahankan salah satu warisan budaya yang ada di Indonesia.

“Pastinya senang banget bisa melihat teman-teman bisa diajak untuk melestarikan salah satu Budaya di Indonesia, dan ketika mengajak teman-teman kenakan baju batik mereka sangat antusias dan setuju untuk kenakan baju batik,” tutur Yuda.

Pada peringatan Hari Batik Nasional ini Mahasiswa dari fakultas lain juga sangat antusias, dapat dilihat ketika mengikuti perkuliahan banyak yang mengenakan baju batik dan tidak lupa juga mereka mengabadikan kekompakannya dengan berfoto bersama dan membagikannya di media sosial masing-masing. (*)

Penulis: Desi Natalia

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu