Dosen UNAIR Sabet Runner Up Academic Leader 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Prof. Cita (tengah) usai mendapatkan pengghargaan sebagai runner up academic leader 2019. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS  – Usai melakukan kunjungan untuk visitasi penghargaan dosen sebagai Academic Leader 2019 ke Universitas Airlangga pada bulan lalu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada Selasa (1/10), akhirnya merilis beberapa peraih pengghargaan Academic Leader 2019.

Pada ajang tahunan bergengsi itu, UNAIR yang diwakili oleh salah satu dokter, peneliti, sekaligus dosen Fakultas Kedokteran UNAIR-RSUD Dr. Soetomo Prof. Dr. Cita Rosita Sigit Prakoeswa, dr., Sp.KK(K), FINSDV., meraih Runner Up Academic Leader Tahun 2019 dalam bidang Ilmu Kesehatan. Mengenai hal itu, secara terpisah, Prof. Cita dalam momen yang membanggakan itu mengatakan, pencapaian itu dapat terjadi berkat dukungan dan doa luar biasa dari seluruh pimpinan, sejawat dosen, dan seluruh tim inovasi.

“Untuk itu, izinkan saya haturkan terima kasih,” tandas Prof. Cita.

Selanjutnya, perihal gagasan yang diusung, Prof. Cita mengatakan bahwa keberhasilan inovasi atau terobosan adalah sangat tergantung dari tim yang bekerja sama degan solid dan agile. Sebagai dosen, lanjutnya, gagasan yang usung tentu berpatokan pada tri dharma perguruan tinggi.

“Sebagai dokter kita mengenal five stars doctor berdasar kriteria WHO yaitu sebagai care provider, decision maker, communicator, community leader dan manager,” ungkapnya.

Piagam penghargaan untuk Prof. Cita sebagai runner up academic leader 2019. (Foto: Istimewa)

Prof. Cita juga menjabarkan bahwa inovasi yang ia ajukan adalah pengembangan sekretom mesenchymal stem cell sebagai penyembuh luka kronis pasien kusta dan peremajaan kulit. Hal itu, mengingat keilmuan yang ia geluti sebagai Spesialis Dermatologi Venereologi.

Untuk menguatkan hal itu, Prof. Cita juga melakukan kolaborasi riset nasional dan internasional leprosy dan allergy immunology. Sebagai Direktur pendidikan profesi dan penelitian RSUD Dr Soetomo yang merupakan Rumah Sakit Pendidikan Utama FK UNAIR, pihaknya akan terus mengembangkan inovasi di bidang pendidikan dan penelitian.

“Harapan ke depan, semoga kita dapat mendukung secara maksimal implementasi Academic Health System Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga – RSUD Dr Soetomo dalam melakukan berbagai inovasi dan terobosan untuk menyelesaikan masalah kesehatan di Jawa Timur dan Indonesia,” pungkasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu