Arti Asistensi bagi Mahasiswa Akuntansi UNAIR Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa saat melakukan kegiatan asistensi (Foto : Arsip HMA)

UNAIR NEWS – Asistensi adalah salah satu program Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi. Program tersebut merupakan salah satu implementasi misi HMA yakni menjadi organisasi pengembangan akademik dan keprofesian. Asistensi sendiri berupa belajar dan diskusi bersama, untuk mengulas kembali materi – materi yang disampaikan oleh dosen.

Program Asistensi biasanya diselenggarakan mendekati ujian tengah semester (UTS) maupun menjelang ujian akhir semester (UAS). Program dari Departemen Pendidikan HMA itu, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa, dan juga mempersiapkan mahasiswa akuntansi untuk menghadapi ujian yang akan berlangsung.

Dengan adanya program asistensi tersebut, bagaimana manfaat yang dirasakan mahasiswa terkait ilmu yang didapatkan? Berikut telah UNAIR NEWS rangkum pendapat dari beberapa mahasiswa akuntansi dari tiap angkatan.

Winda Febri, Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2016

“Asistensi itu sebenarnya pelayanan HMA atau bisa disebut fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa untuk lebih mudah memahami materi diluar jam perkuliahan, kebanyakan waktu kuliah tidak semua materi dapat dipahami dengan benar, karenanya asistensi itu merupakan terobosan untuk mempermudah mahasiswa, apalagi dengan sistem perkuliahan semi blok. Asistensi harus ada, karena sangat berguna untuk menciptakan proses akademis yang baik, terkadang mahasiswa lebih mudah memahami materi jika lebih banyak interaksi dg tutor dibandingkan dengan dosen, itu disebabkan masih adanya rasa sungkan jika mau bertanya kepada dosen.”

Dimas Fajar Noercholis, (Kepala Departemen Pendidikan HMA)Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2017

“Asistensi adalah program pembelajaran antar mahasiswa yang bertujuan untuk memudahkan mahasiswa lebih memahami materi yang disampaikan saat di kelas. Bagi saya, selain sebagai pihak yang bertanggung jawab akan terselenggaranya asistensi, secara pribadi saya juga sangat terbantu dengan adanya asistensi, karena komunikasi saat belajar menjadi lebih nyaman dan tanpa ada rasa sungkan.”

Silvia Ela Agustin, (Penanggung Jawab Program Asistensi) Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2018

“Asistensi adalah proses belajar yang dilakukan di luar jam kuliah. Harapannya agar pemahaman mengenai mata kuliah yang diajarkan lebih baik lagi, dan nantinya diharapkan dapat membantu untuk kelancaran saat UTS maupun UAS. Selama yang saya rasakan, Alhamdulillah, selama yang saya rasakan, asistensi sangat bermanfaat, karena memperjelas materi yang sudah disampaikan oleh dosen saat di kelas.”

Tiaz Nurrahman Hidayati, Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2019

“Asistensi itu hampir sama seperti les gratis yang disediakan oleh HMA, jadi materi yang didapat saat jam kuliah tidak sepenuhnya dapat dipahami dengan baik, bagi saya asistensi adalah solusi dari permasalahan tersebut.” (*)

Penulis: Dian Pratama

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu