Aplikasi Android untuk Jadwal Imunisasi Bayi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi android. (Sumber: Tirto.ID)

Pada era ini, penggunaan ponsel android semakin meningkat. Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat lebih terbantu dengan keberadaan ponsel. Ini mendukung banyak aspek dalam kehidupan, termasuk kesehatan. Misalnya, dapat digunakan untuk membantu pasien, dokter, dan pemerintah dalam koordinasi. Selain itu, ponsel android dapat mengurangi biaya, waktu, dan batasan jarak.

Yang terpenting, keberadaan android bisa menjadi solusi untuk program imunisasi pemerintah. Jarang mengetahui bahwa kedua orang tua bekerja di daerah perkotaan. Terkadang, situasi ini membuat mereka mengabaikan dalam merawat anak-anak mereka. Oleh karena itu, aplikasi android (aplikasi) untuk imunisasi akan sangat membantu, terutama bagi orang tua di daerah perkotaan untuk memberikan jadwal imunisasi dasar dan informasi terkaitnya. Pengembangan aplikasi akan dibahas lebih lanjut yang terdiri dari metode, desain, dan tampilan aplikasi.

UML

Unified Modeling Language (UML) dapat digunakan untuk memvisualisasikan, menentukan, dan merancang program. Sementara itu, dalam penelitian ini hanya menggunakan tiga diagram penting, yaitu diagram kasus, diagram aktivitas, dan diagram kelas.

Informasi imunisasi penting untuk disosialisasikan untuk meningkatkan kesadaran orang untuk ikut serta dalam imunisasi. Saat ini, metode terbaik dengan membuat aplikasi android. Aplikasi telah direalisasikan dalam pekerjaan ini dan memberikan jadwal dasar serta informasi terkait imunisasi wajib sebagai buku pegangan praktis imunisasi. Ini akan membantu orang tua untuk memahami pentingnya imunisasi untuk anak-anak mereka, dan mencapai lebih banyak tentang informasi terkait dengan mudah.

Pengembangan aplikasi android telah dibahas. Ini memanfaatkan diagram UML untuk desain dan diimplementasikan menggunakan Java Android. Enam tampilan aplikasi telah ditunjukkan dan dijelaskan. Akhirnya, Aplikasi ini juga telah dipublikasikan di google play store, dan detail kontak telah dimasukkan juga di salah satu tampilan. Dengan demikian, peningkatan aplikasi lebih lanjut dapat mengikuti masukan pengguna di masa mendatang. (*)

Penulis: Erwin Sutanto

Informasi lebih detail mengenai penelitian kami dapat dilihat pada tautan berikut : https://www.scitepress.org/PublicationsDetail.aspx?ID=950CZJG70xU=&t=1

Program dapat didownload di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.web.biomedis.immunization

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu