Memperluas Relasi, HIMAKUA UNAIR Banyuwangi Kunjungi BEM FPIK Universitas Brawijaya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto bersama HIMAKUA usai kunjungan ke Universitas Brawijaya Malang. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa Akuakultur (HIMAKUA) Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga Banyuwangi kembali memperluas jaringan relasi dengan mengunjungi organisasi serupa pada Universitas di Indonesia. Kegiatan yang bertajuk “Anjangsana Lare FPK” ini merupakan program kerja unggulan dari Departemen Relasi Publik HIMAKUA.

Tahun ini, HIMAKUA memilih Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya untuk dikunjungi. BEM FPIK Universitas Brawijaya dipilih karena sistem kepengurusan yang diterapkan dirasa relevan dengan HIMAKUA.

Ditemui UNAIR NEWS pada Minggu (29/09), Rakian Rizki Dermawan selaku Kepala Departemen Relasi Publik HIMAKUA menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan kunjungan. Selain untuk menjalin silaturahmi dengan organisasi terkait, kunjungan juga bertujuan untuk studi banding sistem kepengurusan yang diterapkan di BEM FPIK Universitas Brawijaya.

“Kunjungan HIMAKUA bukan yang pertama kali dilakukan. Karena kebermanfaatannya, kunjungan terus dilakukan setiap tahun guna mengevaluasi sistem kepengurusan yang telah di terapkan di HIMAKUA dengan organisasi terkait di berbagai Universitas di Indonesia,” jelas mahasiswa yang akrab disapa Rakian tersebut.

Kegiatan kunjungan, lanjutnya, dilaksanakan dengan pemaparan program kerja dari masing-masing organisasi (HIMAKUA dan BEM FPIK, Red). Hal ini dimaksudkan untuk memahami program kerja yang diterapkan sehingga dapat saling mengadopsi program kerja yang tepat.

“Setiap tahun tentu perlu diadakannya evaluasi dari organisasi. Dari kunjungan inilah evaluasi dari HIMAKUA lebih kompleks, sehingga kepengurusan selanjutnya terdapat pembaruan sistem kepengurusan yang dirasa tidak lagi relevan apabila diterapkan kembali,” ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, kegiatan yang melibatkan seluruh pengurus HIMAKUA itu disambut antusias baik dari pengurus maupun BEM FPIK Universitas Brawaijaya. Terbukti dengan diskusi dan evaluasi bersama  yang dilakukan terkait program kerja yang sudah dan akan dilaksanakan oleh masing-masing organisasi pasca pemaparan program kerja.

“Besar harapan saya kedepan untuk kegiatan kunjungan ini. Karena sebagai organisasi kita haruslah tidak merasa puas dengan pencapaian yang diraih di organisasi tersebut saja, namun juga harus memperhatikan relasi dengan organisasi terkait pada Universitas di Indonesa. Sehingga HIMAKUA kedepan menjadi lebih baik dan semakin baik,” tutupnya.

Penulis: Dian Putri Apriliani

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu