Mahasiswa FKM UNAIR Banyuwangi Siapkan Generasi Tangguh Bencana

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Praktik contoh implementasi trauma healing. (Foto: Arsip B-PHA)

UNAIR NEWS – Public Health Top Event in Extraordinary atau dikenal dengan PHOENIX adalah suatu gabungan dari kegiatan besar FKM PSDKU Banyuwangi. Salah satunya yaitu Sosialisasi Serentak (SOSER). Tahun ini, tema yang diambil yaitu “Peran generasi millennial dalam penanggulangan bencana”.

Rencananya kegiatan akan diselenggarakan di empat sekolah. Hingga sekarang sudah berhasil terlaksana di dua sekolah yaitu di SMK PGRI Pesanggaan (27/09) dan MAN 1 Banyuwangi (28/09). Kegiatan yang dilakukan yaitu memberi materi tentang siap siaga dan mitigasi bencana serta materi trauma healing. Untuk sekolah di pesanggaran, materi siap siaga dan mitigasi bencana disampaikan oleh perwakilan desa tangguh bencana (DESTANA). Selain memberi materi, mahasiswa FKM selaku pemateri trauma healing juga melakukan contoh praktik langsung.

Kegiatan itu disambut hangat oleh kedua sekolah. Hal tersebut terlihat dari antusias peserta yang tak malu untuk mengungkapkan pendapatnya, bertanya maupun ketika praktik trauma healing. Sambutan hangat juga didapat dari pihak sekolah.

Kepada UNAIR NEWS, Ahmad Dwi selaku guru Olahraga SMK Pesangggran menjelaskan bahwa materi tersebut dirasa penting dan bermanfaat bagi semua siswanya. Bahkan, pihaknya, siap untuk diajak bekerja sama kembali.

“Kami sangat senang dengan kegiatan ini, sangat positif sekali, penting dilakukan, apalagi momen seperti ini jarang ada di wilayah kita sendiri terkait mengedukasi anak-anak juga terkait dengan kebencanaan dan segala macam karena edukasi anak-anak sekarang masih sangat kurang sekali terkait bencana,”ungkapnya.

Sementara itu, Sinta Ningrum Widia Ningsih selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa besar harapannya agar sasaran dapat mengaplikasikan materi yang didapat. Minimal, untuk dirinya sendiri dan keluarganya ketika menghadapi bencana.

“Kami selaku panitia sangat berharap agar materi yang kami sampaikan dapat diterima dan semoga dapat bermanfaat serta dapat di aplikasikan untuk kehidupannya. Minimal untuk diri mereka sendiri maupun keluarganya,” tutur Sinta. (*)

Penulis: Rista Novianti

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu