Kuatkan Lulusan Berkompetensi, Hima D3 Manajemen Pemasaran UNAIR Adakan Sertifikasi Profesi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SALAH satu assesor, Novyandri Taufik Bahtera sedang membuka acara MECPRO (25/9/2019). (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Bagi para calon lulusan baru  (fresh graduate), sertifikasi profesi merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat untuk kebutuhan dalam dunia kerja. Hal itu dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) D3 Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) dengan mengadakan kegiatan sertifikasi profesi yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa D3 Manajemen Pemasaran.

Sertifikasi profesi itu bernama “Marketing Management Excellent Certified Program” (MECPRO).  Acara tersebut berlangsung pada (25-26/09/2019) yang berlangsung di Airlangga Hall, Fakultas Vokasi  UNAIR.

Dengan mengusung tema “Membentuk Keahlian Profesi Mahasiswa Dalam Bidang Event Organizer”, tujuan utama kegiatan ini adalah menguji skill dan kompetensi para peserta dalam bidang event organizer. Untuk menguji skill tersebut, Hima D3 Manajemen Pemasaran bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UNAIR.

MECPRO berlangsung selama dua hari dengan hari pertama adalah ujian lisan dan ujian praktik. Pada hari kedua, dilanjutkan dengan pengumuman hasil ujian untuk mendapatkan sertifikasi.

Terdapat tiga dosen sebagai tim assessor yang melaksanakan assessment uji sertifikasi. Ketiga asesor itu adalah Novyandri Taufik Bahtera, S.E., M.Sc., Siti Nuraini, SE., ME, dan Riska Nur Rosyidiana, SE., M.Ak.

M. Mustofa Amaghrobi Sugianto selaku ketua pelaksana MECPRO mengungkapkan, peserta terlihat antusias dan menikmati jalannya acara. Ia juga menegaskan bahwa acara itu menjadi wadah mendapatkan sertifikasi CERS (Certified Event Registration Specialist).

“MECPRO ini sangat penting bagi para peserta untuk mendapatkan CERS yang sangat membantu di dunia kerja,” ungkapnya.

Kegiatan yang diikuti oleh 19 peserta tersebut berjalan lancar dan tanpa ada hambatan apapun. Para peserta yang hadir pada kesempatan itu secara membanggakan dinyatakan berkompeten oleh para assessor yang sudah menguji mereka.

Perlu diketahui, MECPRO adalah program baru yang diadakan pertama kalinya di D3 Manajemen Pemasaran. Acara itu diharapkan dapat dilaksanakan rutin setiap tahunnya agar semakin banyak lulusan D3 Manajemen Pemasaran yang memiliki sertifikasi keahlian profesi.

“Saya berharap MECPRO bisa terlaksana lagi tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya dan kalau bisa materi sertifikasi yang diujikan bisa semakin banyak tiap tahunnya,” ujarnya. (*)

Penulis : Aditya Novrian

Editor : Khefti Almawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu