Kepedulian Meningkatkan Potensi Desa Mandiri, Antarkan Mahasiswa Administrasi Negara Sabet Juara Tiga LKTI di Bali

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
WIDIANINGRUM (kiri), Devi Anggita Putri (tengah), dan Putri Eriyanti (kanan) berfoto dengan piala juara di podium LKTIN UWEST 2019 pada Senin(16/9/2019). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiwa Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sabet juara tiga dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 4th UWEST 2019 (LKTIN UWEST 2019). Lomba itu digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM FE) Universitas Pendidikan Ganesha di Bali.

Lomba yang digelar pada Senin (16/9/2019) itu mengangkat tema “Peran Generasi Milenial dalam Mengangkat Potensi Desa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tim dari UNAIR memilih untuk mengulik aplikasi yang telah dimiliki Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gersik yakni “SIPATUKU GT”.

“Penelitian ini  merekomendasikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Dinas Operasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gersik untuk dapat berintegrasi melalui aplikasi inovasi SIPATUKU GT ,“  tutur Widianingrum, salah satu anggota tim.

Widi mengatakan meraka melihat ketiga dinas tersebut memiliki pandangan yang sama untuk saling bersinergi dalam membangun desa mandiri di Kabupaten Gersik. Perjuangan mereka untuk memenangkan lomba tidak mudah, setelah turun ke lapangan mereka merasa data yang dibutuhkan tidak cukup untuk menyelesaikan tulisannya.

“Dua hari sebelum pengumpulan sempat berdebat untuk tidak melanjutkan penelitian ini, tapi setelah berkonsultasi dengan dosen pembimbing akhirnya kami memutuskan untuk tetap ikut,” tambahnya.

Tim yang beranggotakan Widianingrum, Devi Anggita Putri, dan Putri Eriyanti tersebut tidak sia-sia menginjakkan kaki di Bali. Mereka sangat bersyukur dapat mengharumkan nama Unversitas Airlangga (UNAIR) sebagai pemenang.

“Pengalaman pertama ikut lomba dan alhamdullillah dapet juara tiga ini nggak akan terlupakan buat saya dan teman-teman,” pungkasnya.

Pengalaman yang mengesankan berkeliling Bali serta memberikan persembahan sederhana untuk menggaungkan nama UNAIR. Widi mengaku sangat senang dan bertekad akan menjajal peruntungan pada perlombaan karya tulis lain. (*)

Penulis : Rissa Ayu F

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu