Cegah Prevalensi Balita Stunting, Fakultas Vokasi Lakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Medokan Semampir, Surabaya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sosialisasi gizi seimbang pada balita yang dilakukan pada kegiatan Pengabdian Mayarakat Fakultas Vokasi pada Sabtu (28/09/2019) di Balai RW 02 Medokan Semampir, Surabaya. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS ­– Bertempat di Balai RW 02 Medokan Semampir, Surabaya, tim dosen Departemen Kesehatan Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Edukasi Kesehatan Keluarga pada Ibu dan Anak Balita untuk Menekan Prevalensi Balita Stunting di Kelurahan Medokan Semampir Kota Surabaya”. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (28/09/2019) itu diikuti oleh ibu hamil dan ibu menyusui beserta balita di wilayah RW 02 Kelurahan Medokan Semampir. Panitia pelaksana yang terlibat pada kegiatan itu merupakan gabungan dosen dari prodi D3-Teknologi Laboratorium Medis, D3-Teknik Gigi, D3/D4-Pengobat Tradisional, D3-Keselamatan dan Kesehatan Kerja, D3-Paramedik Veteriner serta D4-Teknologi Radiologi Pencitraan yang dibantu beberapa mahasiswa dari masing-masing prodi.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ibu-ibu aware akan kesehatan dan tumbuh kembang buah hatinya karena usia 0-5 tahun ini merupakan usia emas atau golden age bagi pertumbuhan balita sehingga nantinya di kelurahan ini bisa bebas dari stunting,” ujar Taufiqurrahman Sidqi, S.Si., M.Si selaku ketua pelaksana kegiatan.

Terdapat 4 rangkaian kegiatan pada pengabdian kepada masyarakat itu yaitu penimbangan balita dan pemeriksaan kesehatan ibu, pelatihan pijat bayi untuk ibu dan kader balita, sosialisasi gizi seimbang, ASI serta Imunisasi dan diakhiri dengan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut balita guna mencegah terjadinya stunting pada balita.

“Wilayah Kelurahan Medokan Semampir dipilih sebagai tempat kegiatan pengabdian masyarakat karena masih banyak kasus balita yang mengalami stunting,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Departemen Kesehatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga ibu Eny Inyati, drg., M.Kes dan beberapa tamu undangan yaitu Kepala Puskesmas Keputih (drg. Dwiana Boediastika) dan perwakilan dari Kelurahan Medokan Semampir. Pak Dodik Eko Setiawan selaku Ketua RW 02 Medokan Semampir juga menyambut baik adanya kegiatan edukasi kesehatan ini dan beliau berharap tahun depan bisa dilaksanakan kegiatan seperti ini lagi.

Disampaikan pula materi tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut oleh Ibu  Sri Redjeki Indriani, drg., M.Kes selaku dosen dan sekaligus Kaprodi D3 Teknik Gigi. Ia mengatakan bahwa penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut kepada ibu merupakan hal yang sangat penting karena penanganan yang salah pada kebersihan gigi dan mulut dapat menjadi faktor eksternal penyebab stunting pada anak.

“Menjaga kebersihan gigi dan mulut balita sangat penting agar tidak menyebabkan karang gigi dan menjaga saliva bayi, karena berkurangnya siliva dapat menjadi penyebab stunting,” tutur Sri Redjeki.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diakhiri dengan pembagian hadiahdan souvenir kepada peserta kegiatan serta penyerahan plakat dan souvenir kepada pihak Puskesmas Keputih, Kelurahan Medokan Semampir, serta Ketua RW 02 Medokan Semampir.(*)

Penulis : Rissa Ayu F

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu