Adakan Pengmas, Vokasi UNAIR Beri Pelatihan Bagi UMKM di Bojonegoro

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
DISKUSI kelompok yang diikuti oleh pelaku UMKM di Kecamatan Sumberrejo dalam acara pelatihan yang diadakan oleh FV UNAIR. (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar pengabdian masyarakat dengan mengadakan pelatihan pengembangan produk dan bauran promosi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan itu tepatnya dilaksanakan di Kantor Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro pada hari Sabtu, (28/9/2019). 

Acara itu dihadiri oleh pelaku usaha di Kecamatan Sumberrejo dan difasilitasi oleh dosen dan mahasiswa dari Departemen Bisnis FV UNAIR. Dipandu oleh Annysa Endriastuti, S.Hum, M.Hum, kegiatan tersebut dimulai dengan sambutan dari Bapak Kholik selaku Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa  (PMD) Kecamatan Sumberrejo. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Shokikhatul Rhoma Dhona selaku koordinator UMKM Kecamatan Sumberrejo. 

Sebelum memulai pelatihan, peserta diberikan lembar kerja pre-test untuk mengukur pengetahuan peserta sebelum mengikuti pelatihan. Peserta mengisi beberapa pertanyaan yang telah disiapkan tim sebelumnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai strategi bauran promosi bagi UMKM yang disampaikan oleh Maurisia Putri Permatasari, S.E., M.Sc selaku ketua panitia. Peserta dibekali dengan handout dan visualisasi contoh-contoh bauran promosi yang dapat digunakan beserta pertimbangan-pertimbangan untuk memilih saluran promosi yang tepat. Selanjutnya peserta melakukan diskusi dalam kelompok  yang dipandu oleh Phima Ruthia Dwikesumasari, S.E., MSM dan Moh. Darus Salam, S.E., MBA. 

Peserta sangat antusias ketika mengikuti sesi diskusi kelompok dan aktif melakukan tanya jawab dengan fasilitator. Selama sesi diskusi, peserta berkesempatan berbagi pengalaman dalam memasarkan produk serta berkonsultasi mengenai saluran promosi yang tepat untuk memasarkan produk-produk mereka. 

Beberapa peserta yang beruntung dalam sesi diskusi mendapatkan doorprize yang telah disediakan oleh panitia. Setelah sesi diskusi berakhir, peserta kembali diminta untuk mengisi lembar kerja post-test untuk mengukur pengetahuan peserta setelah diberikan pelatihan. 

Setelah acara ditutup, beberapa peserta masih berkumpul untuk membahas program pembuatan iklan bersama sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini. Pelaku UMKM beserta perangkat Kecamatan Sumberrejo berharap kerjasama dengan Universitas Airlangga tetap terjalin melalui program-program mendatang.

Sebagai informasi, FV UNAIR juga mendukung peluncuran desa wisata bambu sebagai salah satu UMKM yang berada di Desa Sumuragung Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro. Selain itu, kegiatan tersebut diharapkan mampu menambah semangat serta pengetahuan masyarakat untuk mengembangkan usahanya. (*)

Penulis             : Erika Eight Novanty

Editor              : Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu