Manfaat Kuliah Umum OJK Bagi Calon Investor Muda

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Kuliah Umum OJK di Kampus Sobo UNAIR Banyuwangi (Foto : Arsip HMA)

UNAIR NEWS – Financial Technology (Fintech) merupakan salah satu dampak positif dari pesatnya perkembangan teknologi informasi. Dengan adanya Fintech dapat memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. Melalui Fintech pula kegiatan perekonomian dan transaksi keuangan menjadi mudah dilakukan, karena sangat efektif dan efisien.

Merespon perkembangan tersebut, Program Studi Akuntansi PSDKU Universitas Airlangga menggandeng Otoritas Jasa Keuangan Jember dan Surabaya untuk membahas dampak positif dan negatif perkembangan Fintech di Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan di Kampus Sobo PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi, pada tanggal 25 September 2019.

Dengan adanya Kuliah Umum tersebut, bagaimana manfaat yang dirasakan mahasiswa terkait ilmu yang didapatkan? Berikut telah UNAIR NEWS rangkum pendapat dari beberapa mahasiswa akuntansi dari tiap angkatan.

Shelly Marta Rosalina, Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2016

“Hadirnya OJK di Kampus PSDKU Universitas Airlangga Banyuwangi, bagi saya membawa banyak manfaat terutama dalam memberikan edukasi terkait perkembangan Fintech dan pasar modal di Indonesia. Melalui Kuliah Umum tersebut, saya jadi faham bahwasannya banyaknya penipuan terkait Fintech yang ada di Indonesia, dikarenakan masyarakat kita yang kurang literasi keuangannya, dengan adanya kegiatan ini, saya jadi tahu bahwasannya negara memberikan perlindungan kepada masyarakat dan pengguna jasa keuangan melalui OJK.”

Fiegiawan Aldrida Zaen,Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2017

“Dari yang saya ketahui, meningkatkan angka literasi keuangan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, dan masyarakat. OJK sebagai lembaga pemerintah juga bertugas untuk meningkatkan literasi keuangan tersebut, salah satunya adalah tentang Fintech.Literasi akan fintech memang sangat penting di era revolusi industri 4.0 karena sekarang sudah berbasis teknologi. Sehingga pentingnya sebuah pemahaman diperlukan agar kita bisa terhindar dari produk -produkFintech yang ilegal yang dapat merugikan kita sendiri.”

Ratna Dwi Lestari, Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2018

“Kuliah umum yang diisi oleh Kantor OJK Jember dan Surabaya, sangat memberikan manfaat kepada saya sebagai mahasiswa dan generasi milenial. Materi yang telah dipaparkan membuka cakrawala pengetahuan saya akan banyak hal terutama mengenai investasiapalagi dengan kemajuan teknologi, sehingga kita sebagai generasi muda bisa menyesuaikan dengan kemajuan zaman.”

Setyawati Zulfa Masyruroh, Mahasiswa AkuntansiAngkatan 2019

“Kuliah umum yang diadakan sangat bermanfaat, jadi ada ketertarikan untuk berinvestasi di usia muda. Pemikiran saya jadi terbuka, jika kita berinvestasi, hal itu dapat menambah nilai dimasa yang akan datang, kita juga dipaparkan akan risikonya. Yang paling menarik dan saya baru tahu adalah OJK bisa melayani konsultasi bagi masyarakat melalui Call Center 157.” (*)

Penulis: Dian Pratama

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu