Angkat Tradisi Sholawat Khas Jatim, Seni Religi UNAIR Sabet Empat Medali

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PARA Peraih Kemenangan dari UKM SR UNAIR di GAR IPB 2019. (Foto: Muhammad Wildan Suyuti)
PARA Peraih Kemenangan dari UKM SR UNAIR di GAR IPB 2019. (Foto: Muhammad Wildan Suyuti)

UNAIR NEWS – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Reliigi (SR) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali torehkan prestasi yang membanggakan di Bogor. Kali ini empat gelar atau medali berhasil diboyong dalam kompetisi seni tingkat nasional. Tepatnya dalam National Islamic Art Competition 2019 Gebyar Agria Religi (GAR) pada 14–15 September  2019 di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Empat prestasi itu adalah juara I MTQ oleh Muhammad Faiz Hayat; juara II Kaligrafi golongan putri oleh Sofiah Islahul Abda; juara I kaligrafi golongan putra oleh Fahmi Ikhlasul A; dan juara I albanjari, best jinggle, best arransement diraih oleh 10 orang dari berbagai fakultas di UNAIR. Raihan itu berhasil direngkuh tim usai menang bersaing dengan peserta lain dari perguruan tinggi se-Indonesia.

Ahmad Rizal Arrosyad selaku ketua UKM SR UNAIR menyampaikan pada kompetisi itu, UKM SR melakukan persiapan selama kurang lebih satu bulan. Latihan juga dilakukan selama empat kali dalam seminggu. Pada akhir bulan dilakukan evaluasi dan pematangan kesiapan bersama ustadz dan ustadzah senior.

“Pada lomba albanjari, kami membawa keunikan dengan ciri khas bersholawat atau berseni qur’an khas Jawa Timuran. Hal tersebutlah yang membuat kami lebih beda dari peserta lainnya,” ungkap Rizal.

Pihak UKM SR sempat menemui kendala ketika mempersiapkan keberangkatan. Misalnya, kendati surat izin delegasi dari Direktorat Kemahasiswaan UNAIR yang cukup lama turunnya. Kendala lain terkait biaya yang dikeluarkan berasal dari uang pribadi dan uang kepengurusan UKM, karena belum menerima surat balasan permohonan dana dari pihak Kemahasiswaan.

“Ke depannya kami (UKM SR, Red) akan terus berlatih dan mengikuti kompetisi lainnya. Karena, dalam setiap kompetisi, kami bisa mendapat pelajaran berharga. Selain itu, semangat untuk meraih prestasi juga selalu ada dari rekan-rekan UKM,” tuturnya.

Perlu diketahui, UKM SR rutin melakukan latihan pada Senin, Selasa, dan Rabu pukul 18.00–20.00 di area sekitar danau, gazebo, atau di serambi masjid Ulul Azmi. (*)

Penulis: Muhammad Wildan Suyuti Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu