Sambangi Dewan, Mahasiswa UNAIR Banyuwangi Serukan Keadilan Lewat Aksi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
AKSI menuntut keadilan di depan kantor dewan oleh mahasiswa UNAIR Banyuwangi. (Foto: Ananda Wildhan)

UNAIR NEWS – Akhir-akhir ini, gelombang aksi yang dilakukan oleh mahasiswa menggema di berbagai wilayah di Indonesia. Aksi yang menuntut tentang berbagai kebijakan yang tidak pro rakyat itu, disuarakan langsung oleh ribuan mahasiswa dari berbagai kampus, baik negeri maupun swasta. Tak terkecuali, mahasiswa PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi.

Tepat pukul delapan pagi, pada Rabu (09/19), ratusan mahasiswa UNAIR Banyuwangi bersama berbagai mahasiswa dari perguruan tinggi di Banyuwangi melakukan aksi di depan Gedung DPRD Kabupaten Banyuwangi. Dalam aksi itu, ada lima tuntutan utama untuk mencapai keadlian yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Ratusan mahasiswa UNAIR Banyuwangi saat menyerukan aksi menuntut keadilan di depan dewan. (Foto: Ananda Wildhan)

Diantaranya tutuntan yang diinginkan oleh mahasiswa seperti meminta presiden menerbitkan PERPU terkait Undang-Undang yang melemahkan KPK, meminta pihak eksekutif dan legislatif segera membuat Undang-Undang baru yang tidak pro-Koruptor, mendukung segala bentuk judical review terhadap Undang-Undang KPK yang telah disahkan, menghimbau pihak eksekutif dan legislative untuk melibatkan pihak-pihak akademisi seperti dosen, mahasiswa, tokoh agama dalam membuat peraturan Perundangan-Undangan, Mendesak jajaran DPRD  Kabupaten Banyuwangi untuk menolak UU No.30 tahun 2002 tentang KPK secara lisan dan tertulis.

Usai melakukan orasi di depan Gedung DPRD Banyuwangi, masa diberi kesepatan untuk memasuki gedung dan beberapa perwakilan berdialog secara langsung dengan anggota dewan untuk mengajukan tuntutan dari gerakan aksi tersebut. Dari hasil diskusi  dicapailah janji dari perwakilan jajaran pemimpin DPRD Banyuwangi bahwa akan menyampaikan suara secara tertulis ke lembaga vertikal di pusat dengan dibuktikan tanda tangan di atas materai yang disaksikan oleh semua masa.

Setelah tuntutan dari mahasiswa didengar dan telah disepakati oleh dewan, aksi yang berlangsung secara tertib, aman, damai, dan teratur itu ditutup dengan membubuhkan tanda tangan bersama para anggota DPRD Banyuwangi di atas kain putih sebagai bukti bahwa para anggota dewan telah melihat, mendengar, dan hadir dalam orasi itu. Usai kegiatan aksi tersebut, ratusan mahasiswa UNAIR Banyuwangi bersama berbagai mahasiswa dari perguruan tinggi setempat kembali ke kampus masing-masing untuk melangkan kegiatan kuliah seperti biasa. (*)

Penulis : Dewi Masluqiyah

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu