Peka Soal Kesehatan Lansia, Fakultas Vokasi UNAIR Adakan Pengmas

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SOSIALISASI perawatan gigi palsu oleh drg. Okti selaku dosen D3 Teknik Gigi FV UNAIR di RW VII Kelurahan Jagir pada Sabtu, (21/9/2019). (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Sebagai bentuk kepekaan terhadap persoalan di masyarakat, terutama di bidang kesehatan, Departemen Kesehatan Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas). Kegiatan yang melibatkan dosen dan mahasiswa itu disasarkan kepada 65 orang kelompok lansia RW VII Kelurahan Jagir, Kota Surabaya.Tepatnya Sabtu, (21/9/2019) dengan tema “Integrasi Bidang Kesehatan dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Lanjut Usia”.

Kegiatan ini melibatkan dosen dan mahasiswa dari Program Studi D3/D4 Pengobat Tradisional; D3/D4 Fisioterapi; D4 Teknologi Radiologi Pencitraan; D3 Teknik Gigi; D3 Teknologi Laboratorium Medis; D3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja;dan D3 Paramedik Veteriner.Serta turut dihari oleh Ketua RW VII Kelurahan Jagir Kota Surabaya, dan Eny Inayati, drg., M.kes selaku Ketua Departemen Kesehatan FV UNAIR.

Kegiatan pengabdian yang dikemas dengan konsep kerjasama lintas bidang itu menjadi bentuk pengabdian yang nyata kepada masyarakat. “Dari adanya kegiatan ini, kami haraplansia memiliki gaya hidup sehat dan dapat meningkatkan derajat kesehatannya,” tutur dr. Ario Imandiri, Sp.Ak. sebagai ketua panitia.

Dipandu oleh instruktur senam Fisioterapi, acara Pengmas itu dimulai dengan senam rematik. Seluruh lansia tampak semangat mengikuti gerakan senam. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan sarapan bersama.

Melalui kegiatan itu, masyarakat jugadiberi pengetahuan bagaimana menjaga kesehatan meraka secara mandiri. Seperti mengolah Tanaman Obat Keluarga (Toga) menjadi jamu dan melakukan akupressure untuk penderita hipertensi sekaligus simulasi terapi pijat.

Selain itu, ada sosialisasi mengenai cara merawat gigi palsu, membuat dan memilih makanan sehat sertatips beraktivitas dengan postur yang benar agar tidak menyebabkan risiko gangguan nyeri pada otot.

Acara yang digelar dari fajar hingga siang itu lalu ditutup ditutup dengan pemeriksaan kesehatan gratis sekaligus konseling mengenai gaya hidup sehat bagi warga. Pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi pengukuran tekanan darah, rapid test pengecekan gula darah acak dan asam urat.

Acara yang dipersiapkan sejak Februari 2019 lalu itu mandapat antusias yang besar dari para lansia. Mereka sangat antusias mengikuti serangkaian acara sejak awal hingga akhir.

Drs. Nurhasan M.HI selaku ketua RW VIIKelurahan Jagirmenyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi yang besaratas diselenggarakannya kegiatan itu. Dia berharap kegiatan tersebut dapat membantu pemerintah Kota Surabaya dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat khusunya kelompok lansia. “Untuk itu, kerjasama yang telah terjalin agar tetap dipertahankan dan jika perlu terus ditingkatkan dimasa yang akan datang,” pungkasnya. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu