Meningkatkan Kompetensi Perawat dengan Pekan Kerohanian Muslim

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SUASANA Pekan Kerohanian Muslim (PKM) di Aula Kahuripan 303, Lantai 3, Kantor Manajemen UNAIR pada Minggu, 22 September 2019. (Foto: Istimewa)
SUASANA Pekan Kerohanian Muslim (PKM) di Aula Kahuripan 303, Lantai 3, Kantor Manajemen UNAIR pada Minggu, 22 September 2019. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Sie Kerohanian Islam Ners (SKINERS) Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan Pekan Kerohanian Muslim (PKM) di Aula Kahuripan 303, Lantai 3, Kantor Manajemen UNAIR pada Minggu, 22 September 2019. Acara tersebut merupakan seminar dengan mengusung tema “Peningkatan Kompetensi Perawat Melalui Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial Spiritual Berbasis Islam pada Situasi Kritis dan Bencana”. Acara tersebut digelar dengan tujuan meningkatkan kompetensi perawat dalam memberikan asuhan keperawatan.

Ketua SKINERS Muhammad Dzakkiyul Fikri Wachid mengatakan, bumi ini semakin hari kian tua. Karena itu, manusia harus senantiasa mempersiapkan diri. Jadi, dengan diadakannya PKM itu, diharapkan kegiatan tersebut dapat menjadi wadah bagi peserta untuk menimba ilmu guna mempersiapkan diri.

“Bumi semakin hari semakin menua, oleh karenanya manusia harus mempersiapkan diri,” ucapnya.

Seminar yang diikuti oleh 103 peserta tersebut dihadiri Wakil Dekan III FKp Dr. Ahmad Yusuf S.Kp.,M.Kes. Dalam sambutannya Dr. Ahmad menyebut dengan semakin menuanya bumi, tentunya setiap manusia harus dapat menemukan makna hidup agar semua aktivitas yang dilakukan dapat bernilai ibadah. Ia juga mengatakan bahwa apabila aktivitas yang dilakukan dapat bernilai ibadah tentunya manusia tidak akan mati dengan sia-sia akibat nilai-nilai kebaikan yang telah ditanam.

“Seandainya mati tidak sia-sia karena sudah ada nilai–nilai kebaikan yang telah ditanam,” ujarnya.

Selain itu, hadir Dr. Ahmad Yusuf S.Kp.,M.Kes; Dr. Hanik Endang N.,S.Kep.Ns.,M.Kep; serta Dr. Ns. Heni Dwi W. S.Kep.,M.Kep.,S.Kep.J. Ns sebagai pembicara. Dimoderatori Faisal Amir, S.Kep.M.Si. yang juga alumnus FKp UNAIR, diskusi yang diadakan secara offline dan online tersebut berjalan dengan sangat menarik.

Tak ketinggalan, Banjari As-Syauqi dari VJR (Voice Jamaah of Rufaidah) FKp serta tari Saman dari FKp juga dihadirkan untuk menghibur peserta. Peserta tidak hanya diberi materi, tetapi juga ada workshop. Dr. Rizki Fitryasari S.Kep.Ns.,M.Kep berkesempatan menyampaikan materi pada workshop kali ini.

Selain PKM, diadakan IHEC (Islamic Health Essay Competition) di FKP UNAIR. Achmad Yuskir Rizal dan Halfie Zaqiyah Gusti dari FKp UNAIR keluar sebagai juara I; Ummi Kulsum dan Asma Inas Tesa dari Stikes Ngudia Husada Madura juara II; dan juara III diraih Rabbaniyah Hariyati Hidayah dari Universitas Wirajaya Sumenep. (*)

Penulis: Icha Nur Imami Puspita

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu