UNAIR Perkuat Kerja Sama dengan Liverpool John Moores University Inggris

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor UNAIR Prof. Nasih bersama Mark Power selaku Interim Vice-Chancellor and Chief Excecutive Liverpool John Moores University usai melakukan MoU Research Collaboration. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Berbagai upaya dilakukan Universitas Airlangga untuk meningkatkan reputasi dan rekognisi pada dunia internasional. Salah satunya, dengan melakukan pengembangan kerja sama dengan universitas ternama di Inggris, Liverpool John Moores University.  

Bertempat di Kota Liverpool UK pada Senin (23/9), Rektor UNAIR beserta jajaran melakukan kunjungan sekaligus melakukan penandatanganan MoU. Kegiatan itu, sebagai balasan dari kunjungan Liverpool John Moores University ke UNAIR beberapa waktu lalu.

Dalam sambutan pembuka, Prof. Nasih mengatakan bahwa Setelah kunjungan Liverpool John Moores University ke UNAIR, pihaknya telah mengidentifikasi potensi kolaborasi yang dapat mendukung berbagai pola penelitian bersama.

“Tentu, semua ini tidak bisa lepas dari misi utama untuk mendukung UNAIR menjadi bagian dari 500 besar kampus dunia di tahun 2020,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Prof. Nasih, melalui Airlangga Global Engagement, pihaknya terus berkomunikasi dengan pihak Liverpool John Moores University untuk memfasilitasi UNAIR dalam membahas topik penelitian bersama. Tidak hanya itu, sambungnya, UNAIR juga ingin memanfaatkan berbagai program yang telah dimiliki untuk masuk dalam berbagai kerja sama yang telah disepakati.

“Kerja sama itu mencakup program mobility UNAIR seperti Attracting Global Talent, Visiting Fellow, Adjunct Professor, dan Post-Doctoral Fellowship,” tandas Prof. Nasih.

Selanjutnya, Prof. Nasih juga menyampaikan bahwa pihaknya siap menyambut para pakar dan profesor dari Liverpool John Moores University yang bersedia direkrut sebagai adjunct professor selama satu tahun di UNAIR. Nantinya, para pakar akan melakukan berbagai kegiatan seperti pengajaran untuk beberapa kredit di kelas atau seminar. Bahkan, bisa memberikan klinik penulisan artikel ilmiah untuk mahasiswa pascasarjana.

“Tentu, hal itu berguna untuk meningkatkan jumlah penelitian dan publikasi internasional dan penting untuk membangun kolaborasi internasional yang mengarah ke publikasi internasional dan menuju World Class University,” papar Prof. Nasih.

Pada akhir, Prof. Nasih juga menyarankan kepada civitas UNAIR untuk juga menggali kolaborasi dalam program double degree yang telah berjalan antara UNAIR dan universitas luar negeri. Pasalnya, yang paling penting adalah keberlanjutan kerja sama.

“Kami juga berharap kolaborasi dengan Universitas John Moore Liverpool terus berlanjut. Terima kasih atas komitmen yang diberikan dan mari kita bertukar pikiran serta diskusi untuk memperluas jaringan untuk menghadapi tantangan global di dunia kontemporer,” pungkas Prof. Nasih.

Penulis: Nuri Hermawan.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu