Tiga Belas Prodi FEB UNAIR Bersiap Menuju Akreditasi Internasional ABEST21

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
DEKAN FEB UNAIR beserta jajarannya saat sesi foto bersama dengan ke-13 PRT ABEST21. (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Tiga belas program studi (prodi) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR) sedang bersiap untuk memperoleh akreditasi internasional ABEST21. ABEST21 (The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization) adalah badan yang memberikan pemeringkatan akreditasi internasional dalam bidang ekonomi dan bisnis.

Tercatat total ada 13 penilai hadir sebagai Peer Review Team (PRT) ABEST21 pada Kamis hingga Jumat (19-20/9/2019). PRT ABEST21 itu berasal dari Jepang, Thailand, Indonesia, dan Malaysia.

“Yang akan diakreditasi ABEST21 adalah semua prodi yang ada di FEB UNAIR, semuanya ada tiga belas,” ungkap Dekan FEB UNAIR Prof. Dr. Dian Agustia, SE., M.Si., Ak.

Prof Dian melanjutkan bahwa ketiga belas prodi tersebut terdiri atas beberapa jenjang pendidikan mulai dari S1 hingga S3. Tercatat ada empat prodi S1, lima prodi S2, empat prodi S3.

Prof Dian menuturkan bahwa FEB mulai mengadakan redesign kurikulum berbasis internasionalisasi sejak 2016 silam. Dengan redesain kurikulum baru itu, FEB UNAIR melakukan beberapa hal untuk menuju internasionalisasi.

Diantaranya adalah dengan mempersiapkan akreditasi internasional untuk seluruh prodi di FEB, membuka kelas internasional undergraduate international di tiga prodi yaitu S1 manajemen, akuntasi dan Ekonomi Islam. FEB UNAIR juga mengadakan fast track untuk mahasiswa S1 yang ingin langsung melanjutkan studi ke S2.

“Jadi kegiatan tahun ini intinya untuk internasionasilisasi dan tentunya meningkatkan kualitas edukasi,” tuturnya.

Untuk menuju akreditasi ABEST21 tersebut, banyak sekali persiapan yang dilakukan. Hal itu karena yang diakreditasi tidak hanya dosen, melainkan kepegawaian, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan pengelola.

“Jadi memang ini melibatkan semua sivitas akademika FEB UNAIR. Untuk persiapannya ya kita juga membentuk tim internasional sendiri untuk mensupport akreditasi ini,” imbuhnya

Tujuan utama akreditasi tersebut untuk meningkatkan kulitas pendidikan, riset, dan kualitas untuk aktivitas tridarma. Manfaat dari ABEST21 ialah akan ada kolaborasi antar universtas atau fakultas di luar UNAIR yang tentunya akan mendukung visi UNAIR ke depan.

“Intinya memang, akreditasi ini dilakukan untuk mendukung visi UNAIR, untuk become an independent, innovative dan menjadi world class faculty of economic and bisnis based on moral and religion,” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa total ada 13 PRT ABEST21 yang hadir ke FEB UNAIR. Ialah Prof. Fumio Itoh sebagai President ABEST21 International; Asst. Prof. Ruchirat Patanathabutr, Ph.D; Devanto Shasta Pratomo, S.E., M.Si., Ph.D; Professor Hirotaka KAWANO; Assoc Prof. Noorihsan Mohamad, Ph.D Economics; Fathyah Hashim, BA Accounting and Finance (Hons), MBA., DBA; Yuvaraj Ganesan, B.A Accounting (Hons)., MBA., Ph.D; Prof. Noer Azam Achsani; Dr. Budiono, S.E., M.A; Yudi Azis, S.Si.,S.E.,S.Sos.,M.T.,Ph.D; Ir. Dodie Tricahyono, M.M.,  Ph.D; Prof. David Paul Elia Saerang., M.Com (Hons)., Ph.D dan Prof. Dr. Gagaring Pagalung, SE., MS., Ak., CA., CMA., CSRA.

Selanjutnya, bila berhasil lolos akreditasi, akan ada 13 prodi yang terakreditasi internasional ABEST21. Ketiga belas prodi tersebut antara lain S1 Manajemen, S2 Magister Manajemen, S2 Magister Sains Manajemen, serta S1, S2 dan S3 untuk prodi Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Islam, dan Akuntansi. Untuk prodi S2 Magister Manajemen telah terlebih dahulu berhasil mendapatkan pengakuan akreditasi internasional melalui ABEST21 dan pada tahun ini tentunya ada perkembangan dari tahun sebelumnya. (*)

Penulis : Sandi Prabowo

Editor    : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu