Sebelum Terjun Langsung, Ketahui Dasar Organisasi dan Birokrasi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
M. Khoirul Mubin S.E., M.Sc. saat mengisi materi tentang administrasi kesekretariatan pada LKMM-TD FEB di Aula Soepoyo pada tangga 21 September 2019. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh pihak Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Bahkan bukan hanya FEB saja, tetapi seluruh fakultas di Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan LKMM-TD. LKMM bertujuan memberi pelatihan manajemen kepada mahasiswa sebelum memasuki sebuah organisasi.

Pada LKMM-TD FEB kali ini diikuti oleh sekitar 300 mahasiswa yang berasal dari angkatan 2016 hingga 2019. LKMM-TD diselenggarakan pada Sabtu (21/9/2019) di Aula Soepoyo FEB UNAIR. Pada LKMM-TD kali ini langsung diisi oleh dosen-dosen FEB. Mereka memberikan materi tentang kondisi lingkungan, hingga materi administrasi kesekretariatan.

Materi pertama disampaikan oleh Lina Nugraha Rani S.E., M.SEI. Ia memberi materi mengenai analisis kondisi lingkungan. Materi itu diperlukan untuk mengamati keadaan disekitar secara terperinci sebelum melakukan sebuah kegiatan. Sehingga, dapat mencegah terjadinya kegagalan dalam suatu kegiatan.

“Ini merupakan bassic awal untuk membuat sebuah kegiatan yang disesuaikan dengan visi dan misi organisasi masing-masing, sehingga dari sinilah kalian dapat mengasah soft skill melalui organisasi,” terang Lina.

Dalam suatu kegiatan pasti juga terdapat tolok ukur keberhasilan suatu kegiatan yang telah dilaksanakan. Dari tolak ukur keberhasilan ini, dapat membantu mencari celah kekurangan sebuah kegiatan. Sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi untuk suatu kegitan ke depan.

Tidak hanya sampai itu, pada LKMM-TD kali ini juga diberikan materi mengenai administrasi kesekretariatan dalam organisasi kemahasiswaan oleh M. Khoirul Mubin S.E., M.Sc. Dalam materi administrasi kesekretariatan dijelaskan pentingnya mengetahui fungsi dasar administrasi kesekretariatan. Yakni, untuk merumuskan kegiatan yang akan dilaksanakan, serta mengetahui bagaimana menyusun proposal dan tata cara surat-menyurat dengan baik.

“Jika mengikuti atau berkecimpung dalam suatu organisasi, harus paham mengenai persuratan, dan kesabaran kalian akan diuji di situ. Karena jika kalian bisa melewati sebuah birokrasi maka kalian adalah orang-orang yang kuat dan sabar,” pungkas Mubin.

Sebelum berakhir, acara diisi materi tentang hakikat motivasi, pengambilan keputusan, dan pengendalian konflik dalam suatu organisasi. Materi disampaikan oleh Tuwanku Aria Auliandri S.E., M.Sc. Menurutnya, sebuah motivasi harus ada arah yang jelas. Sehingga dapat mencapai suatu tujuan yang ingin diraih serta dalam motivasi diperlukan sebuah ketekunan.

“Hal yang sangat penting dalam suatu motivasi adalah sebuah ketekunan. Karena ketekunan berhubungan dengan berapa lama seseorang mempertahankan suatu usahanya, karena kesabaran yang sesungguhnya adalah menekuni aktivitas dengan runtut,” tutup Aria.

Diakhir presentasi, Aria memberikan sebuah motivasi kepada mahasiswa yang hadir dalam LKMM-TD. Dia mengajak seluruh mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang optimis dan menjauhi orang-orang pesimis. (*)

Penulis: Febrian Tito Zakaria Muchtar

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu